Bentuk Kepedulian, Babinsa Pandanarum Pendampingan Pemeriksaan Kesehatan Warga Binaan

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, Babinsa Pandanarum koramil 0821/10 Tempeh Serma Hendrik Setiawan, melaksanakan pendampingan Bidan Desa, melakukan pemeriksaan kepada salah satu warga terjangkit penyakit lepra, di Dusun Rekesan Rt 001 RW 007 Desa Pandanarum Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (29/10/2023).

Melalui kegiatan tersebut, sebagai bentuk kepedulian untuk ikut ambil bagian dalam memberikan motivasi dan support kepada warga yang terjangkit penyakit lepra, agar tidak berkecil hati untuk semangat dengan rajin berobat.

Dalam kesempatan itu, Hendrik Setiawan mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya untuk memastikan kepada warga Dusun Rekesan lebih paham dan waspada terhadap penyakit lepra Sekaligus juga berprilaku hidup bersih dan sehat.

“Masyarakat yang terjangkit penyakit ini, diharapkan tidak takut dan malu berobat. Karena, penyakit kusta bisa disembuhkan dan bukan merupakan penyakit kutukan. Apalagi, pengobatan penyakit ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun sampai sembuh total,” kata dia.

Sementara itu Bidan Desa Pandanarum Ifa Ariska Amd.Keb., menyampaikan, Penyakit Kusta atau sering disebut juga dengan Penyakit Lepra, merupakan penyakit infeksi menular dan bersifat menahun yang disebabkan oleh kuman/ bakteri Mycobacterium Leprae. Penyakit ini menyerang kulit, saraf tepi, dan dapat juga menyerang jaringan tubuh lain kecuali otak.

Selain itu, penyakit ini juga dianggap sangat menular dan dengan mudah menjadi wabah. Pandangan seperti itu yang membuat penderita kusta semakin dikucilkan. Padahal faktanya, kusta atau kusta sama sekali tak ada hubungannya dengan kutuk. Penyebab dan perjalanan penyakitnya pun sudah jelas.

“Perihal penularan, kusta memang dapat menular melalui cairan hidung saat penderitanya batuk. Namun, penyakit ini akan terjadi bila daya tahan tubuh seseorang sangat lemah, sehingga kuman penyakit mudah berkembang. Jadi mitos-mitos tersebut sama sekali tidak benar,” jelasnya. (fjr )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *