Batu Akik Badar Besi Semeru Ikut Meriahkan Kontes Batu Tingkat Nasional

Berita, Budaya1582 Views

Harianmerdekapost.com. Lumajang. Jatim –  Masyarakat pecinta Batu Akik Lumajang Jawa Timur menggelar kontes Batu Pirus tingkat Nasional ikut serta Batu khas Lumajang yang baru baru ini di temukan di lereng gunung Semeru, jenis batu yang bisa nempel magnet dan di beri nama Badar Besi Semeru Lumajang yang memiliki ciri khas warna hitam pekat dan material yang padat serta berserat seperti batu pirus hitam .

Guna meningkatkan dan menggali kekayaan alam Lumajang yang sangat melimpah, Komunitas Badar Besi Semeru ( KOMBBES) Lumajang ikut serta meramaikan ajang bergengsi Kontes Batu tingkat nasional tersebut di kategori jenis batuan endemik yang sebentar lagi akan di daftarkan kelas nasional .

Acara yang di selenggarakan mulai tanggal 8 sampai 10 September 2023 Di gedung Sujono jl alun alun selatan lumajang di buka oleh Wakil Bupati Lumajang Hj.Indah Amperawati Masdar, Msi. di hadiri juga perwakilan dari polres Lumajang , Kodim 0821 , kepala Dinas Pariwisata dan sejumlah komunitas Pirus Indonesia serta komunitas akik seluruh indonesia.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Lumajang panggil akrab Bunda menyampaikan dukungannya kepada seluruh pecinta batu yang hadir khususnya pecinta batu endemik Lumajang untuk lebih di tingkatkan lagi guna mendorong UMKM.

“, Semoga dengan adanya varian batu Semeru bisa meningkatkan ekonomi mulai dari pencari batu , tukang gosok batu dan Pengrajin cincin yang sebelumnya menjual batuan dari luar daerah sekarang mengenalkan batuan asli lumajang dan sangat kami apresiasi untuk pecinta batu Badar besi, semoga bisa terkenal seperti batu bulu macan”, paparnya.

Lanjut Bunda”, Beberapa hari yang lalu salah satu anggota komunitas bercerita setiap hari ada transaksi bahkan sampai di kirim ke luar negeri , dalam hal ini pemerintah daerah sangat mensuport para pecinta batu semeru dan jangan berhenti untuk berkreasi demi lumajang”, tambahnya.sabtu,9/9/2023.

Ketua Panitia Agus Fawas, Kontes dengan tema Masterpeace II Reguler IV saat di temui harianmerdeka post com. setelah acara penutupan mengatakan bahwa dengan adanya varian batu badar besi Semeru pecinta batu mendapatkan semangat lagi di mana sebelum ada temuan batu Semeru kondisi pasar akik Lumajang Yang berada di pasar Klojen kecamatan Lumajang sangat sepi dan hanya antar penjual saja transaksi itu ada, namun sekarang sudah ada orang luar dari komunitas melakukan transaksi jual beli di pasar Klojen yang ingin memiliki batu badar besi Semeru.

“, Batu badar besi Semeru sebagian besar temen temen tiap hari ada transaksi jual beli, dengan adanya acara kontes ini semoga bisa menjadi pintu masuk untuk mengenalkan batuan baru kepada semua pecinta batu di seluruh Indonesia. Selain itu kegiatan kami bertujuan untuk media silaturahmi antar pecinta batu khususnya Pirus dan akik , guna meningkatkan roda ekonomi di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan juga untuk mengoptimalkan potensi kekayaan alam di Indonesia khususnya potensi Lumajang yang kaya akan potensi alamnya”, pungkasnya .

Lanjutnya Agus”, kami dari pecinta batu dari kabupaten Lumajang berharap kepada pemerintah daerah kiranya di kabupaten Lumajang di buatkan pasar khusus batu karena sering tamu dari luar kota ingin mendapatkan oleh oleh batu asli Lumajang, seperti bulu macan, mereka bingung harus ke mana dan sekarang ada varian baru lagi dari kabupaten Lumajang”, Tambahnya, 10/9/23.  (AN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *