Bappeda Adakan Seminar Pendahuluan SID dan DED Rancangan Kawasan Wisata di Ipaya

Harianmerdekapost.com.,MIMIKA – Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengadakan Seminar Pendahuluan Survei Investigasi Desain (SID) dan Detail Engineering Design (DED) Rancangan Kawasan Wisata di Ipaya Kabupaten Mimika, bertempat diruang rapat Kantor Bappeda berita ini dilansir dari mimikakab.go.id, Selasa ( 22/08/2023).

Asisten Bidang Administrasi Umum, Hendriette W. Tandiyono, SE, MM, perwakilan Penjabat Bupati Mimika membuka secara resmi kegiatan seminar, didampingi oleh Kepala Bappeda, Ir. Yohana Paliling, M.Si,.

Turut hadir dalam seminar tersebut diantaranya Kepala Dinas Perikanan, Antonius Welerubun, serta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada lingkup Pemkab Mimika, dan juga Konsultan Perencanaan Pembangunan Kawasan Wisata selaku narasumber.

Dalam sambutan Bupati, yang dibacakan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum menyampaikan bahwa salah satu kawasan yang potensial untuk dikembangkan adalah Kampung Ipaya.

“Kampung Ipaya memiliki potensi untuk dikembangkan, dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang diagendakan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika karena kawasan tersebut memiliki sarana rekreasi yaitu wisata pantai, mengingat kawasan pantai tersebut merupakan tempat bermuaranya sungai-sungai kecil dan besar yang didominasi oleh rona lingkungan yang masih alami,” ungkap Hendriette.

Ia juga menambahkan, “maksud diadakannya kegiatan SID dan DED kawasan wisata Ipaya ini adalah untuk melakukan usaha yang optimal sehingga hasilnya dapat dijadikan dasar dalam implementasi fisik di lokasi kegiatan.”

“Kegiatan ini juga dalam rangka mewujudkan tugas pokok yang diemban, maka pada tahun anggaran ini dilakukan kegiatan penyusunan SID dan DED kawasan wisata Ipaya juga saran dan prasarana pendukung kegiatan kepariwisataan,” jelasnya.

Selanjutnya, spesifikasi yang dibutuhkan dalam proses perencanaan SID dan DED nantinya akan tetap memperhatikan standar perencanaan gedung negara dan kebutuhan akan fasilitas umum serta ketentuan yang ada.

See also  BPOM Manokwari Lakukan Pengawalan Gerakan Keamanan Pangan Desa di Kampung Saonek

“Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan akibat adanya fungsi bangunan dan sarana prasarana yang akan dibangun nantinya,” ucapnya.

Mengakhiri sambutan Bupati, Hendriette berharap pada kegiatan seminar pendahuluan ini dapat memberikan masukan-masukan yang bermanfaat bagi pembangunan di Kabupaten Mimika, sehingga penyusunan SID dan DED kawasan wisata Ipaya yang akan dilaksanakan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kabupaten Mimika.

“Pada kesempatan ini juga, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Konsultan atas kerja sama yang telah terjalin,” tutup Hendriette.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *