Wujud Sinergi TNI Koramil Senduro Andil Dalam Giat ‘Penghijauan Sejak Dini’ di Kawasan Hutan Burno

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Danramil 0821/03 Senduro Kapten Arm Ony Ariyanto S.H menghadiri kegiatan penanaman pohon Kawasan Hutan Petak 14 H RPH Senduro, BKPH Senduro Administrasi Dusun Karanganyar Desa Burno Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Rabu (23/8/2023).

Jajaran Forkopimda Lumajang juga hadir dalam kegiatan tersebut, berikut Forkopimcam Senduro, pihak perhutani, LMDH dan warga setempat.

Kapten Arm Ony Ariyanto berkata, kegiatan diharapkan menjadi cerminan dan menggugah kesadaran masyarakat, agar seyogyanya menjadi kelestarian alam khususnya hutan.

“Menanan untuk kepentingan jangka panjang. Hutan adalah jantung bumi, dari hutan ada sumber kehidupan, itu perlu kita sadari dan lestarikan sehingga anak cucu kita nanti akan turut menerima manfaat dari apa yang kita lakukan sekarang,” kata Kapten Ony.

Mengenai keterlibatan TNI dalam hal ini, dijelaskan oleh Kapten Ony, merupakan wujud sinergitas dengan semua pihak, termasuk dengan Polri, Perhutani dan LMDH hingga masyarakat, dalam menyamakan persepsi dan untuk menunjang kepentingan umum.

Disisi lain, Asper (Asisten Perhutani) Senduro, Gatot mengapresiasi kekompakan yang menurutnya juga perlu diperkuat diwaktu kedepannya.

Diwaktu yang sama, Ketua LMDH Mayor (Purn) Siswoto, juga mengajak masyarakat, untuk merawat tanaman yang ditanam saat itu.

“Ada sisi pemanfaatan dari hutan untuk masyarakat. Ini perlu dipahami, sehingga simbiosis akan terus berkelanjutan. Masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari hutan, dan hutan dirawat sehingga tetap lestari. Serta manfaat itu akan bisa dirasakan dalam waktu yang panjang, sampai ke anak cucu kita nanti,” pungkasnya. (fjr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *