Wakil Bupati Gresik Sampaikan 3 Prioritas Kampanye Sekolah Sehat di Hadapan Tim Pembina UKS/M

Harianmerdekapost.com – Gresik,Jatim – Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar Kampanye Sekolah Sehat (KSS) untuk Tim Pembina (TP) UKS/M Tahun 2023. Kegiatan ini melibatkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kementrian Agama (Kemenag), serta Tim Pembina UKS Kecamatan Se Kabupaten Gresik. Bertempat di Aula Mandala Bhakti Praja Kantor Bupati Gresik acara dibuka oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Rabu (05/07/2023).

 

Wabup Gresik yang akrab disapa Bu Min mengatakan, bahwa kampanye sekolah sehat perlu didukung oleh seluruh pemangku kepentingan. Tujuannya supaya bisa menciptakan lingkungan pendidikan yang berbudaya sehat.

“UKS sudah ada sejak dulu, akan tetapi pelaksanaannya belum optimal. Ini tidak bisa kita lakukan sendiri-sendiri namun harus melibatkan seluruh pihak, “kata wabup saat membuka acara.

Wabup menjelaskan, kampanye sekolah sehat bertujuan untuk membangun kolaborasi berbagai pihak untuk bersama sama dan terus menerus untuk peningkatan kesehatan peserta didik.

Kampanye Sekolah Sehat memiliki tiga fokus utama yang pertama yaitu sehat bergizi. Ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik, melalui penerapan pola makan yang tepat dan konsumsi makanan bergizi.

Kedua lanjut Wabup, sehat fisik bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik seluruh ekosistem atau warga sekolah/satuan pendidikan. Ketiga, sehat imunisasi, bertujuan untuk meningkatkan capaian imunisasi peserta didik untuk mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

“SDM Kabupaten Gresik tidak akan baik, ketika jasmani nya kurang sehat, melalui kegiatan ini akan mendidik anak dengan kebiasaan cara hidup sehat,” harapnya.

Menurut Wabup, dengan dimulainya kampanye sekolah sehat mudah mudahan semakin memotivasi sekolah-sekolah yang ada di Gresik berlomba lomba untuk meningkatkan cara hidup sehat kepada anak didiknya.

“Sekolah sehat bukan hanya sekedar Program, tetapi merupakan sebuah Gerakan Bersama dari berbagai pihak. Kampanye sekolah sehat harus terus dilakukan, didukung dan dikembangkan dengan optimal di seluruh satuan pendidikan,” pungkasnya.

See also  Dukungan Dari Luar Partai Tak Terbendung, Deklarasi PPBI Siap Mendukung Dan Memenangkan Gus Mujib Menjadi Bupati Pasuruan

Usai sambutan dilakukan penandatanganan komitmen bersama kampanye sekolah sehat yang diawali Wakil Bupati Gresik, diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, Kepala Dinas Pendidikan, Kemenag, serta tim pembina UKS kecamatan se-Kabupaten Gresik. Turut mendampingi Wabup, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, dan Kepala Dinas Pendidikan S. Hariyanto. (dvd/wwn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *