UNIBA  Dukung Bakat Masyarakat Madura dengan U-Fest 2024

Berita, Daerah251 Views

Harianmerdekapost.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Melalui 2nd Uniba Festival (U-fest) 2024, Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura ingin berkontribusi besar terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan peronomian masyarakat.

Pembukaan Uniba Festival 2 yang melibatkan pelajar hingga Mahasiswa perguruan tinggi se Jawa Timur,  Jumat (24/5/2024). Dengan mendatangkan grup band Kotak. Diharapkan menjadi wadah untuk meningkatkan bakat dan bisa bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Rektor UNIBA Madura, Prof Rachmad Hidayat menyampaikan, dengan adanya festival ini sebagai kampus yang peduli dengan peningkatan SDM Madura baik secara akademik dan non akademik.

“Saya pikir UNIBA Madura harus mempunyai peranan untuk menyiapkan generasi emas di tahun-tahun yang akan datang, festival inilah salah satu upayanya,” kata Prof Rachmad.

Sehingga dia sangat mengapresiasi acara Ufest 2 yang setiap tahun digelar oleh BEM. Apalagi tahun ini levelnya lebih tinggi yakni se Jawa Timur.

“Luar biasanya lagi adalah bisa dimeriahkan band ternama tanah air Kotak. Tiket terjual sekitar 3.000 lebih,” lanjut Prof Rachmad.

Dia berharap, kegiatan ini menjadi penyemangat bagi penerus selanjutnya agar pagelaran serupa lebih meriah lagi.

“Kalau perlu tingkat nasional sehingga terus mengembang dari tahun ke berikutnya,” pungkasnya.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNIBA Madura Obaidillah mengatakan,  kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan memperkenalkan hingga menumbuhkan minat para pelajar di tingkatan sekolah menengah atas (SMA) sederajat khususnya masyarakat Jawa Timur, untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke kampus tercintanya ini.

Diakuinya, festival ini banyak diminati oleh pelajar di Jawa Timur. Terbukti dengan perlombaan yang dilaksanakan seperti Fashion Show, futsal, pekan ilmiah, olahraga hingga seni berhasil menjadi ajang silaturahmi ratusan sekolah-sekolah khususnya di Madura.

“Total peserta ratusan orang. Mereka sangat antusias dengan acara ini,” ungkap dia.

Banyak manfaat terselenggaranya acara ini kata Obed. Salah satunya adalah dapat mengenalkan kampusnya serta memberikan pengalaman terhadap para pelajar se Jawa Timur bahwa di Madura ada Perguruan Tinggi bergengsi.

“Secara ekonomi, kami melibatkan UMKM dari lingkungan sekitar, kami sediakan stand dan listriknya,” paparnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *