TNI Lumajang Bekali Materi Navigasi Darat pada Pramuka SMK Wira Yudha Sakti Nusantara 

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim | Bati Wanwil Koramil 0821/02 Sukodono Serma Ariono, memberikan materi Navigasi Darat (Navrad) kepada anggota Pramuka SMK Wira Yudha Sakti Nusantara Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (20/6/2023).

Saat kegiatan tersebut, Ariono mengatakan, bahwa materi Navrad diberikan sebagai upaya agar para anggota dapat mengenal dunia luar, atau yang sering disebut dengan Ilmu Medan, yang merupakan salah satu materi Kepramukaan.

Lanjut dia, secara teori menjelaskan tentang tehnik, bagaimana cara menggunakan kompas, mengukur jarak pada peta dengan benar, yang nantinya akan di praktekan dalam kegiatan latihan pramuka pada saat di lapangan.

“Materi Navigasi Darat yang kami berikan, sebagai upaya para anggota dapat mengenal dasar ilmu medan, dengan menggunakan peta dan kompas, mereka kami kenalkan langsung dengan alat, agar para siswa, untuk lebih peka terhadap pengetahuan di alam bebas,” kata dia.

Disamping itu, Sertu Lolok Wahyudi yang juga membantu pemberian materi tersebut, mengharapkan agar materi yang diberikan dapat diterima dan djadikan sebagai pedoman, serta bekal, untuk mengaplikasikan pada saat event kegiatan kepramukaan.

“Materi latihan navigasi darat ini, merupakan bekal dasar yang harus dimiliki para anggota pramuka, di ajang latihan bersama maupun di event kegiatan lomba kepramukaan,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *