Tanpa Basa Basi yang Penting Bukti !! Pemdes Ngerong Dalam Menjalankan Program Ketahanan Pangan

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Dalam rangka menjawab tantangan ekonomi global dan menekan angka kemiskinan yang disebabkan semakin sempit dan sulitnya lapangan pekerjaan, maka pemerintah desa Ngerong kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan dalam menjalankan program pemerintah desanya lebih menitikberatkan pada salah satu program prioritas sektor ekonomi ketahanan pangan ini setelah menuntaskan program pembangunan infrastruktur secara merata di tiap dusun, sosial, keagamaan, pendidikan dan lainnya.

Dan dalam beberapa tahun terakhir ini , Pemerintah desa Ngerong lebih mengembangkan program ketahanan pangan yang bernilai tambah untuk sisi ekonomi yang berbasis desa .

Sedang ragam program ketahanan pangan yang telah dirintis, sudah berjalan dan berkembang tanpa mengabaikan program -program lainnya yang telah berjalan, diantaranya Pengelolaan sampah yang bernilai rupiah, hidroponik , Budidaya ikan, UMKM dan ternak sapi dimana semuanya ditangani oleh beberapa pokmas atau kelompok swadaya masyarakat tapi tetap dibawah pembinaan dan pengawasan pemerintah desa Ngerong.

Dalam proses pengelolaan tiap-tiap pokmas/KSM diwajibkan membuat laporan secara periodik kepada pemerintah desa .

Pada hari Rabu(14-06-2023) tim media harian merdeka post datang berkunjung ke kantor TPS3R KSM Ngerong Asri di dusun Payaman desa Ngerong kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan untuk meminta komentar ditemui ketuanya yang akrab disapa Ustadz Mujayin , menjelaskan bahwa untuk ternak sapi ditangani oleh KSM Peternakan Ngerong Asri yang merupakan unit dari TPS 3R Ngerong Asri dengan sistem manajemen yang terpilah, dan untuk ternak sapi yang kami kelolah berjumlah 10 ekor bantuan hibah dari dinas peternakan provinsi Jawa Timur (jenis program pembiakan).

Dan Alhamdulillah dalam jangka 6 bulan ada 4 ekor sapi yang sudah dalam kondisi hamil kalau orang Jawa bilang wes meteng.

Ketika awak media bertanya tentang cara pemberian makan ternak yang baik, dijelaskan bahwa untuk kesiapan pakan berlimpah karena kami sudah menjalin kerjasama dengan pihak PT Sorini Cargil sedang untuk pemberian makan ternak berupa permentasi dengan komposisi 40 persen konsentrat dan 60 persen rumput.

Kami sekarangpun telah mulai membangun kandang baru untuk pengembangan.

Kelompok warga desa Ngerong yang turut bekerja pada KSM Ngerong Asri ada perkembangan yang awalnya berjumlah 28 orang telah bertambah menjadi 33 orang .

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga dari kelompok yang beruntung, kami mencanangkan dengan mengedepankan para pekerja,satu orang dapat mengelola 1 satu ekor sapi kedepannya , kalau sudah terpenuhi baru kepada warga lainnya yang ternilai membutuhkan.

Prinsip kami sebagai pengelola yang mendapat amanat dari pemerintah desa Ngerong adalah Amanah, serius, fokus dan profesional dalam menjalankan amanat untuk membantu program pemerintah desa pada sektor ketahanan pangan yang bernilai tambah sisi ekonomi kreatif dan inovatif yang berbasis desa ini.Tuturnya !!!.

( Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *