SOSIALISASI PEMOTONGAN HEWAN KURBAN SESUAI SYARIAT ISLAM DAN KESEJAHTERAAN HEWAN Oleh Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Dalam rangka memberikan nilai edukasi dan sebagai penyegaran kepada para panitia pelaksana pemotongan hewan kurban sesuai syariat Islam dan kesejahteraan hewan yang ada di wilayah kabupaten Pasuruan , maka dinas Peternakan kabupaten Pasuruan menyelenggarakan giat sosialisasi tentang perihal tersebut diatas seluruh Ta’mir Masjid/ panitia pelaksana pemotongan hewan kurban di tiap wilayah kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Pasuruan.

Dan pada hari senen tanggal ( 10 -06 – 2024) Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan menyelenggarakan giat Sosialisasi tentang Pemotongan Hewan Kurban sesuai syariat Islam dan kesejahteraan hewan, giat tersebut dilaksanakan di Aula Yayasan Al Hidayah yang berkantor di dusun Jembrung 1 desa Bulusari kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan dan dimulai jam 09.00 wib -selesai serta penyerahan bantuan satu paket peralatan untuk pelaksanaan pemotongan hewan kurban kepada tiap peserta sosialisasi.

Sedang para pihak yang hadir diantaranya Anggota DPRD kabupaten Pasuruan bapak Samsul Hidayat S.Ag, M.Pd.I dari fraksi PKB, kepala dinas peternakan kabupaten Pasuruan Ibu Dr Ifa beserta stafnya, Ibu Dr Yuli dari dinas peternakan kabupaten Pasuruan selaku Narasumber, Romo Kyai H. Dumairi Nalim ketua 1 MUI kabupaten Pasuruan selaku Narasumber, perwakilan pengurus Ta’ mir masjid se kecamatan Gempol.

Dalam sambutan singkat yang disampaikan oleh Bapak Samsul Hidayat S. Ag, M.Pd. I pada intinya pertama beliau mengucapkan terima kasih kepada dinas peternakan kabupaten Pasuruan atas kerja barengnya terkait program Juru Potong Hewan ( JULEHA) hingga giat Sosialisasi tentang Pemotongan Hewan Kurban sesuai syariat Islam dan kesejahteraan hewan dapat terlaksana pada hari ini.

Yang kedua lanjutnya kami minta kepada para peserta sosialisasi yang hadir diharapkan benar -benar mendengarkan secara seksama dari paparan yang akan disampaikan oleh kedua narasumber dan diketok tularkan kepada panitia pelaksana pemotongan hewan kurban terutama kepada para juru potong hewan kurban di tempatnya masing-masing supaya dapat mengejawantahkan tata cara pelaksanaan pemotongan hewan kurban secara baik dan benar sesuai syariat Islam. Tuturnya !!.

Yang terakhir program sosialisasi tentang Pemotongan Hewan Kurban sesuai syariat Islam dan kesejahteraan hewan ini sangat penting dan wajib dipraktekkan oleh panitia pelaksana karena disamping berkait dengan kualitas daging hasil pemotongan hewan kurban dari sisi kesehatan dan supaya betul -betul memenuhi persyaratan dalam syariat Islam. Jelasnya !!.

Sedang sambutan arahan singkat yang disampaikan oleh kepala dinas peternakan kabupaten Pasuruan pada Ibu Dr Ifa intinya kami akan menerjunkan tim kelapangan untuk melakukan pengecekan kondisi kesehatan hewan kurban dan bila dalam kondisi sakit harus disembuhkan lebih dahulu karena berkait dengan kualitas daging hasil pemotongan hewan kurban tersebut, oleh karena itu kami melaksanakan program sosialisasi tentang Pemotongan Hewan Kurban sesuai syariat Islam oleh karena itu kami minta kepada para peserta yang hadir untuk dapat mengikuti materi yang akan disampaikan kedua narasumber untuk sisi persyaratan sesuai regulasi Syariat Islam akan disampaikan oleh ketua 1 MUI kabupaten Pasuruan bapak KH Dumairi Nalim sedang untuk teknis pelaksanaan dari persyaratan kondisi hewan kurban yang bisa dipotong dari penyikapan kepada hewan kurban yang harus dilakukan oleh panitia pelaksana pemotongan hewan kurban dan tata cara pemotongan hewan kurban, mencacah daging kurban dan kantong plastik untuk tempat daging kurban serta lainnya akan disampaikan oleh Ibu Dr Yuli selaku narasumber dari dinas peternakan kabupaten Pasuruan.
Tuturnya!!.

Berdasarkan hasil pantauan dan monitor tim media harian merdeka post (10-06-2024) yang mengikuti proses pelaksanaan giat Sosialisasi tentang Pemotongan Hewan Kurban sesuai syariat Islam dan kesejahteraan hewan merupakan giat yang cerdas dan tepat guna serta sangat penting buat para panitia pelaksana pemotongan hewan kurban karena benar -benar sangat bernilai maslahat manfaat dan wajib dipraktekkan secara baik dan benar pada saat pelaksanaan pemotongan hewan kurban.( Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *