Sistem Pemilu Rusia, Vladimir Putin Klaim Salah Satu Terbaik di Dunia

Harianmerdekapost.com., – Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim sistem pemilu di negaranya merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Hal tersebut dikarenakan negara Beruang Merah itu menerapkan kepatuhan ketat terhadap undang-undang (UU) serta prosedur pemilu yang jelas dan transparan.

“Intinya, kami merayakan ulang tahun ke-30 seluruh sistem pemilu Rusia tahun ini,” kata Putin dalam pidatonya saat peringatan 30 tahun berdirinya Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia (CEC), Minggu (24/9/2023).

“Ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia, karena didasarkan pada prosedur pemilu yang jelas dan transparan bagi warga negara, kepatuhan ketat terhadap standar undang-undang pemilu, perlindungan kepentingan nasional, kedaulatan Rusia, dan kebebasan berekspresi atas kemauan warga negaranya,” lanjutnya, seperti dilansir dari kantor berita Rusia, TASS.

Dalam pidatonya, Putin turut menyoroti upaya CEC meningkatkan kesadaran warga Rusia terkait pentingnya partisipasi mereka dalam pemilu. Dia menekankan, rakyatlah yang menjadi sumber kekuatan di Rusia dan menentukan jalur pembangunan nasionalnya.

“Saya ingin menekankan Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia layak mendapat pujian besar karena menegaskan hak konstitusional warga negara kita yang paling penting, untuk memilih dan dipilih,” tambahnya.

“Anda juga bekerja sama dengan partai politik Rusia, perwakilan masyarakat sipil, dan kolega Anda di luar negeri, dan memberikan kontribusi signifikan terhadap dialog dan stabilitas sosial-politik,” tukas Putin.

Diketahui, otoritas pemilu tertinggi Rusia, Komisi Pemilihan Umum Pusat, didirikan pada 24 September 1993, melalui dekrit yang dikeluarkan Presiden Boris Yeltsin.

(Amatus Rahakbauw/K).

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *