SILATURRAHMI AKBAR DAN HALAL BIHALAL 1445 M/2024 KELUARGA BESAR SUMOLEWO “Dalam Rangka Temu Kangen dan Meningkatkan Rasa Saling Asah, Asoh dan Asih”

Berita, Daerah861 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Desa Kejapanan adalah salah satu desa dari 15 desa yang ada di wilayah kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan provinsi Jawa Timur yang mana pada tempo dulu terkenal dengan sebuah legenda Sumolewo Aris Japanan yang sering dilakonkan dalam kesenian rakyat Ludruk khas Jawa Timur.

Sedang untuk sekilas cuplikan kisah legenda Sumolewo sesuai narasi yang telah dipaparkan oleh Bapak Drs Soerjo Wido Minarto M,PD Sosok Budayawan Jawa Timur bahwa Legenda Sumolewo Aris Japanan pernah di pentaskan oleh kesenian rakyat Ludruk Lerok Anyar Pimpinan Cak Marsam Hidayat dan Soerjo Wido Minarto M,Pd Sebagai sutradara, pertunjukan ini dilangsungkan (20-10-2020).

Cerita ini sebenarnya fiktif tetapi dikaitkan dengan Roman Sejarah di masa kerajaan Jawa yakni kerajaan Mataram Islam tahun 1625 M , dimana ketika itu ingin mengembangkan wilayah sampai ke Jawa Timur.
Dan kerajaan di Jawa Timur yang paling sulit ditaklukkan adalah kerajaan kadipaten Malang yang dipimpin oleh Adipati Ronggo Toh Jiwo yang mempunyai saudara perempuan bernama Dewi Proboretno sosok perempuan yang ahli kanoragan dan sangat piawai dalam ber olah perang sehingga berani menentang musuh.

Sedang Sumolewo sebenarnya adalah sosok yang sakti mandraguna dan menjabat Aris Japanan yang membawahi beberapa desa(Kalau sekarang setingkat kecamatan).
Sumolewo terkenal sebagai sosok pimpinan yang tegas, berprinsip dan temperamental, mempunyai istri bernama Kasanah, pusaka kyai Kala Bajang dan seorang Guru Begawan Sidik Wacana yang tinggal di Padepokan Gunung Penanggungan .

Pada saat untuk memperkuat pertahanan kerajaan kadipaten Malang dari serangan musuh ,Dewi Proboretno mengadakan sayembara yang intinya Barang siapa yang dapat mengalahkan kesaktiannya dan dapat membuka gowa boring , maka akan diangkat menjadi Adipati dan dijadikan suami Dewi Proboretno.

Sayembara tersebut akhirnya sampai ketelinga Sumolewo dan berniat untuk mengikutinya .
Satu hal yang perlu dipahami dan diketahui bersama bahwa pada jaman tempo dulu (masa kerajaan) untuk dapat meraih jabatan yang lebih tinggi harus diraih dengan adu kesaktian .

Dan singkat cerita dari kisah legenda Sumolewo ini adalah Istri dan Guru Sumolewo tidak memberi ijin juga merestui mengikuti sayembara tersebut tapi Sumolewo bersikukuh untuk tetap mengikutinya sampai tega membunuh Sang Guru Begawan Sidik Wacana akibat kelemahan Sumolewo yang gampang tergiur dengan pesona kecantikan Dewi Proboretno dan akhirnya Sumolewo pada sayembara tersebut terbunuh dikalahkan oleh Panji Pulangjiwo yang berasal dari pulau Madura.

Beberapa nilai edukasi kehidupan dari cuplikan kisah legenda Sumolewo tersebut diatas yang bisa diambil hikmah dan bisa diteladani ,untuk sisi keteladanan yang patut diteladani antara lain Prinsip dalam menjalani pilihan kehidupan, Ketegasan sebagai sosok pelaksana kekuasaan dan Semangat dalam meraih karir.
Sedang untuk sisi hikmah kehidupan yang dapat dipetik diantaranya pentingnya restu sosok orang tua terutama ibu, Guru dan istri, dalam meraih cita harus dilandasi ibadah bukan ambisi atau mengikuti suara nafsu dan pentingnya upaya secara lahiriah dan batiniah dalam menggapai cita dan harapan.

Ada sosok tokoh masyarakat asli putra desa Kejapanan Bapak Drs H Bagus Hariyanto yang lama hidup di rantau tapi sangat cinta dengan desa tumpah darahnya dan bangga dengan legenda Sumolewo memprakarsai membuat akun dan mulai didayagunakan sebagai Akun WA Gruep semua elemen masyarakat desa Kejapanan yang tergabung dalam Sumolewo Arek Japanan pada tanggal (17-07 – 2021) , dimana dasar dan tujuannya antara lain sebagai ajang sambung seduluran, tukar informasi dan Sebagai sarana untuk memberikan sumbangsih pemikiran demi perkembangan dan kemajuan Pemerintah desa Kejapanan.
Sedang beberapa hal yang melatarbelakangi adanya prakarsa tersebut diatas adalah terkait prestasi yang telah diukir oleh pemdes Kejapanan tempo dulu seperti prestasi Karang Taruna Tunas Harapan desa Kejapanan sebagai Juara 1 Karang Taruna Teladan tingkat Nasional tahun 1990 yang ketika itu ketuanya adalah Bapak Drs H Bagus Hariyanto dan Kejayaan PS Sumolewo yang menjuarai banyak event turnamen sepakbola yang ada di pel bagai daerah yang ada di wilayah Jawa Timur serta prestasi putra putri asli desa Kejapanan sesuai bidang masing-masing yang sukses di rantau baik yang ada di ibukota Jakarta maupun di kota besar lainnya.

Dan pada hari minggu tanggal (14-04-2024) Komunitas dari pelbagai elemen masyarakat Kejapanan yang tergabung dalam Sumolewo Arek Japanan baik yang sukses di Jakarta, kota besar lainnya dengan ragam profesi bersama para putra desa Kejapanan menyelenggarakan giat Silaturahmi Akbar dan Halal bihalal 1445 H/ 2024 ” Dalam Rangka Temu Kangen Dan Meningkatkan Rasa Saling Asah, Asoh Dan Asih” dengan tema Taburkan maaf, Sucikan hati dan merangkai kisah Menjalin Silaturahmi. Pulang Kampung Rek !!!.

Giat tersebut disentralkan di Stadion Sumolewo Kejapanan desa Kejapanan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan dan para pihak yang hadir antara lain putra putri asli desa yang yang sukses di rantau baik di ibukota Jakarta dan kota besar lainnya antara lain Artis Dangdut Go Internasional Inul Daratista, Brigjen Purnawirawan Sudibyo, Brigjen Purnawirawan Fatchurrahman, Brigjen Jakfar, Brigjen Afifuddin, Profesor Dr Hj Puji Handayati wakil rektor Universitas Negeri Malang, Pengusaha sukses yang memprakarsai adanya Akun WA Sumolewo Arek Japanan dan Giat Silaturahmi Akbar dan Halal bihalal keluarga besar Sumolewo Bapak Drs H .Bagus Hariyanto, Bapak Ndan Maskur,Ka Dinas DLH kabupaten Pasuruan Bapak H Taufichul Ghoni yang akrab disapa Aba Ghoni, Mantan Direktur PT Angkasa Pura Bapak Munir, ,kepala desa Kejapanan , para sesepuh warga desa Kejapanan yang berprestasi sesuai bidangnya pada tempo dulu dengan jumlah undangan yang hadir 150 orang , dan acara tersebut di meriahkan dengan hiburan ELEKTON CASANOVA pimpinan Mbah Mul Sosok Musisi handal kabupaten Pasuruan.

Dan pada sambutan singkat yang telah disampaikan oleh ketua panitia pelaksana Ibu Hj Yatik Hadiyana pertama menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donatur dan semua rekan panitia atas kerja kerasnya hingga amanat yang diberikan dapat terlaksana dengan lancar dan sukses walau masih ada banyak kekurangan.Tuturnya!!.

Sedang sambutan singkat yang telah disampaikan kepala desa Kejapanan bapak Randi Saputra , beliau sangat bangga dan terharu dengan adanya acara Silaturahmi Akbar dan Halal bihalal keluarga besar Sumolewo ini dan berharap dapat memberikan impact yang positif untuk perkembangan dan kemajuan pemdes Kejapanan kedepan. Jelasnya!!.

Kemudian dilanjut dengan sambutan singkat yang disampaikan oleh Profesor Dr Hj Puji Handayati ,ada satu hal yang sangat menarik yang disampaikan oleh beliau yakni Sangat perlu di Keluarga besar Sumolewo Arek Japanan ini dibentuk sebuah Yayasan dengan beberapa dasar substansialnya antara lain a. Untuk meningkatkan peran secara nyata terutama untuk sisi peningkatan kualitas hidup warga desa yang membutuhkan b. Dapat mengambil peran di bidang keagamaan dan sosial c. Dan giat silaturahmi dan halal bihalal keluarga besar Sumolewo ini dapat diagendakan sebagai program rutin tahunan yang berkesinambungan.Tuturnya !!.

Dan yang terakhir sambutan singkat yang telah disampaikan oleh Bapak Brigjen Purnawirawan TNI Sudibyo bahwa untuk meraih cita tidak ada kata mustahil bagi yang penting kita mau berikhtiar dengan sungguh – sungguh dan bermunajat kepada Allah SWT dengan restu orang tua terutama sosok Ibu , dan bertitip pesan kepada kepala desa Kejapanan supaya dapat menjalankan amanat warga desa Kejapanan penuh amanah . Tuturnya!!.
Kemudian dilanjut dengan acara ramah tama.

Setelah acara usai Tim media harian merdeka post menemui pemrakarsa adanya giat Silaturahmi Akbar dan Halal bihalal keluarga besar Sumolewo Bapak Drs H Bagus Hariyanto ( 14-04-2024) jam 12.15 wib untuk wawancara khusus terkait giat yang ada, beliau menjelaskan bahwa giat silaturahmi dan halal bihalal keluarga besar Sumolewo ini merupakan yang jadi kalau kekurangan dari panitia merupakan satu hal yang sangat manusiawi,kami ambil legenda Sumolewo yang identik dengan desa Kejapanan dan dapat mengambil spirit dari legenda Sumolewo terlepas dari kekurangan yang ada pada sosok Sumolewo.
Dan untuk Giat Silaturahmi Akbar dan Halal bihalal keluarga besar Sumolewo ini akan kami jadikan agenda rutin tahunan serta akan kami kembangkan dengan beberapa program nyata demi meningkatkan peran aktif keluarga besar Sumolewo Arek Japanan di tengah masyarakat desa Kejapanan. Tuturnya!!!.(Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *