Ruwah Dusun Bangkok Dalam Rangka Memperingati Haul Mbah Sapulogo ke 11 Dan Melestarikan Seni Tradisional Jawa

Berita, Budaya, Daerah596 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Ruwah dusun dalam rangka memperingati haul Mbah Sapulogo merupakan agenda giat rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan untuk haul Mbah Sapulogo yang ke 11 yang diselenggarakan tahun ini cukup istimewa karena dihadiri oleh Samsul Hidayat S.Ag,M,PD.I anggota DPRD kabupaten Pasuruan ketua fraksi partai PKB dan dimeriahkan dengan ragam tari tradisional serta tari kreasi modern serta pembagian door prize.

Ruwah dusun Bangkok dalam rangka memperingati haul Mbah Sapulogo ke 11 selalu dimeriahkan Seni budaya Jawa Timur Wayang kulit dengan Ki Dalang Slamet Darmawan dari Watu Golong – Krian – Sidoarjo dimana pada malam hari ini menyajikan sebuah lakon cerita Lahirnya Watu Gunung.

Acara tersebut di sentralkan di Punden Mbah Sapulogo yang berlokasi di dusun Bangkok desa Karang Rejo kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan,
Dan acara puncak dimulai jam 19.00 wib -selesai, sedang para pihak yang hadir diantaranya, Samsul Hidayat S.Ag, M.Pd.I anggota DPRD kabupaten Pasuruan ketua fraksi partai PKB, Muspika Gempol, Babinsa dan Babinkamtibmas desa Karang Rejo, Kepala desa Karang Rejo beserta perangkat desanya, LPM desa Karang Rejo, semua anggota BPD , M Suud salah satu bacakades Karang Rejo , Paguyuban Ki Sapulogo, Karang Taruna dusun Bangkok dan semua elemen dusun Bangkok desa Karang Rejo.

Dalam sambutan singkat kepala pelaksana teknis kewilayahan dusun Bangkok yang akrab disapa Mas Ari pada intinya menjelaskan pertama mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir, terutama kepada warga dusun Bangkok atas rukun guyubnya dan segala partisipasinya,juga bapak RT/RW se dusun atas kerja kerasnya hingga acara ruwah dusun dapat terselenggara cukup meriah lancar dan sukses.Tuturnya!!.

Yang kedua lanjutnya kami perlu sampaikan disini terkait sumber dana pelaksanaan itu sebagian besar adalah swadaya dari warga dusun Bangkok.

Dan yang terakhir dasar dan tujuan dari giat ruwah dusun disamping menggali bakat seni adik -adik didusun Bangkok , utamanya adalah untuk meningkatkan sikap saling asah asoh dan asih antar warga dusun Bangkok supaya semakin guyup dan kompak. Pungkasnya!!!.

Pada celah acara masih berlangsung, Tim media harian merdeka post menemui Samsul Hidayat S.Ag, M,PD.I ketua fraksi partai PKB yang mau meninggalkan tempat lebih dulu karena harus memenuhi undangan lainnya untuk meminta komentar, menjelaskan untuk acara seperti ruwah dusun atau haul ini,bisa dimaknai sebagai acara tasyakuran yang tujuannya untuk menghormati dan menghargai perjuangan para leluhur dan disamping itu untuk meningkatkan kerukunan dan harmonisasi antar warga.Tuturnya !!!.
(Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *