Poktan Makmur Dapat Bantuan Mesin Tani, PJ Bupati: Proses Panen dan Hasil Tani Harus Meningkat

Harianmerdekapost.com, Bangkalan-Jatim,- Pemerintah Kabupaten Bangkalan telah menyerahkan bantuan alat mesin pertanian berupa 1 unit Pemanen kombinasi (combine harvester) kepada kelompok tani Makmur yang berlokasi di Desa Bungsang, Kabupaten Bangkalan, Selasa (13/02/24).

PJ Bupati Bangkalan, Arief M Edie mengatakan, bahwa dengan adanya alat tersebut mampu mempercepat proses panen dan meningkatkan produktifitas hasil pertanian di Kabupaten Bangkalan. Selain itu Bangkalan berpotensi menjadi sentra padi.

“Kemarin saya lihat keberhasilannya cukup bagus, buktinya di daerah Arosbaya, Klampis, Socah dan Kamal itu banyak pertanian yang sudah siap panen. Sehingga di situ nanti akan jadi salah satu pemasok di Jawa Timur,” Ujarnya, Selasa (13/02/24).

Selain itu, menurut Arief peran kelompok tani sangat penting untuk menciptakan tata cara penggunaan sumber daya yang ada sebagai media atau alat pembangunan. Selain itu untuk menghasilkan kebermanfaat bagi masyarakat.

“Kelompok akan menggunakan mesin ini untuk beberapa ratus hektar, jadi sisa tenaga yang awalnya digunakan 15 orang bisa digunakan yang lain seperti mengepak. Sehingga berjasa dan berguna untuk kemajuan teknik bertani,” Tuturnya.

Untuk mendukung perkembangan kelompok tani, akan dilakukan pelatihan. Selain itu sebagai peningkatan kemampuan dalam pendistribusian dan penjualan.

“Tadi kendalanya pembelian BBM, tetapi nanti pom bensin agar memberikan sesuai dengan rekomendasi yang kita berikan. Jangan sampai ada pom bensin yang mengambil kebijakan sendiri, karena tugas pemerintah mensejahtrakan kelompok tani untuk masyarakat,” Tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bangkalan, Puguh Santoso mengatakan, bahwa Desa Bungsang telah melakukan pengusulan terhadap Pemerintah untuk bantuan mesin tani, namun baru bisa terealisasi karena keterbatasan anggaran.

” Namun pemerintah pusat tidak bisa serta merta langsung merespon, namun alhamdulillah tahun ini karena anggaran ready dan dapat alat mesin ini, ya sudah kita salurkan apa adanya ” Pungkasnya.

(Ga/Sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *