Pj. Sekda Mimika Pimpin Apel Gabungan : Ajak OPD Anggarkan Dana Untuk Beli Produk UKM dan Koperasi

Harianmerdekapost.com.,MIMIKA – Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Mimika, Dr. Petrus Yumte S.H., M.Si., memimpin apel pagi gabungan di lingkup Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah berita tersebut dilansir dari mimikakab.go.id, Senin (24/07/2023), bertempat di Lapangan Pusat Pemerintahan, SP 3.

Pada apel pagi yang diikuti oleh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut, Pj. Sekda memberi amanat apel mewakili Pj. Bupati Mimika, terkait kehadiran pada apel pagi dan beberapa agenda kegiatan pada hari ini.

“Pertama, apel setiap hari Senin, tidak perlu menunggu pengumuman atau surat. Kita sepakat setiap hari Senin, apel jam 8 pagi. Artinya tiap hari Senin jam 8 kurang 15 menit, kita sudah ada di lapangan,” tandas Pj. Sekda.

Kemudian Pj. Sekda mengatakan bahwa ada beberapa agenda kegiatan pada hari ini, diantaranya launching aplikasi pelayanan ASN oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

“Pelayanan ASN seperti pensiun, sudah ada aplikasinya. Terima kasih kepada teman-teman Badan Kepegawaian dan mari kita support. Semoga pelayanan ASN kita lebih baik dan lebih bagus ke depan,” pesan Pj. Sekda.

Ia menambahkan, “Hari ini, orang yang sudah meninggal, datanya masih ada. Yang sudah pensiun, gajinya masih jalan. Apakah karena aplikasi atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang ? Ini fakta temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bahwa gaji satu, dua teman-teman yang pensiun, masih jalan.”

Lanjutnya, selain itu ada beberapa fakta diantaranya pegawai yang sudah meninggal pun masih ada datanya di kepegawaian. Juga ketertinggalan kenaikan pangkat, serta pejabat yang seharusnya sudah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tiga atau empat, namun ada yang mengalami keterlambatan.

See also  TNI dan Warga Gotong Royong untuk Percepat Perbaikan Rutilahu di Desa Kebonan Lumajang

“Ini yang sedang difasilitasi oleh Badan Kepegawaian. Semoga dengan adanya aplikasi itu bisa menolong kita mempercepat seluruh pelayanan kepegawaian,” harapnya.

Pj. Sekda menginformasikan pula adanya rapat pimpinan OPD untuk mereview progres pekerjaan tahun 2023.

“Mohon dukungan pimpinan OPD dan Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa agar menghadirkan operator
Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP), konsultan dan kelompok kerja (pokja) harus lengkap. Karena hari ini minggu terakhir bulan Juli dan kita akan mengecek keterlambatan ada di mana. Supaya setelah ini sama-sama sepakat dan melangkah bersama,” tegas Pj. Sekda.

Pada kesempatan apel gabungan, Pj. Sekda mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga Kabupaten Mimika memenangkan lomba menjadi juara umum pada pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo (AOE) 2023 yang berlangsung tanggal 20-22 Juli 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, dihadiri oleh Pj. Bupati Mimika.

“Langkah demi langkah kita saling mendukung agar kegiatan ekonomi berjalan sebagaimana yang dipromosikan,” ujarnya.

Pj. Sekda menjelaskan pula, pada minggu lalu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mengikuti pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bali untuk meningkatkan investasi daerah.

“Kita di Mimika minggu lalu juga mengadakan Festival UKM oleh Dinas Koperasi dan UKM dalam rangka Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di halaman Gedung Eme Neme Yauware. Pada kesempatan ini saya sampaikan terima kasih kepada teman-teman pimpinan OPD yang terlibat, walaupun sedikit keharusan, tapi untuk masyarakat,” tuturnya.

Pj. Sekda yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UKM Mimika menyebutkan bahwa uang yang beredar di Festival UKM sekitar Rp536 juta. Dengan 100 pelaku UKM, saat pelaksanaan Festival UKM selama lima hari, masing-masing UKM bisa membawa pulang uang sekitar Rp5 juta per UKM atau per orang. Kegiatan serupa akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Mimika.

See also  Kami Merasa Seperti Berada Di Kota Hantu.

“Dalam rangka mendorong UKM, koperasi dan semua kegiatan ekonomi, teman-teman rumpun ekonomi, mari kuatkan barisan,” ajaknya.

Sebagaimana diamanatkan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi, dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Pj. Sekda menekankan dalam penyusunan program setiap OPD perlu menganggarkan dana paling sedikit 40 persen nilai anggaran belanja barang/jasa untuk menggunakan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dari hasil produksi dalam negeri.

“Terkait hal itu, mohon dukungan teman-teman OPD agar menganggarkan uang untuk belanja atau membeli barang-barang produk UKM dan koperasi, sehingga nilainya terukur dan ada kontribusi,” ungkapnya.

Pj. Sekda menyampaikan terima kasih kepada DPMPTSP, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), serta beberapa OPD dan instansi lainnya yang terlibat pada Festival UKM, dimana ada layanan dari beberapa OPD dan instansi tersebut selama pelaksanaan kegiatan.

“Ada beberapa pelaku UKM yang mengurus perizinannya, mengurus BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Soal kesehatan dan ekonomi, masyarakat harus mendapat akses yang baik dari pemerintah. Pemerintah harus membuktikan kehadirannya secara konkret pada masyarakat dengan memfasilitasi kesulitan-kesulitan yang dialami masyarakat,” pungkasnya.

Sebelum mengakhiri amanat, Pj. Sekda menyampaikan berita duka atas wafatnya salah satu ASN di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, serta mengajak mendoakan almarhum dan semua ASN yang telah meninggal dunia agar mendapat tempat yang baik di surga.

“Mari kita semua jaga kesehatan dengan disiplin, itu aset dan investasi. Perlu jaga makanan. Soal meninggal itu pasti, tapi mari kita rawat diri kita dengan mendisiplinkan semua hal,” tutupnya.

See also  Komsos Wilayah, Personel Koramil Pasrujambe Bantu Bangun Warung Milik Warga

Setelah apel gabungan, ada pengumuman perlombaan memperingati Ulang Tahun ke-78 RI, diantaranya lomba seka jalan yang akan diadakan tanggal 7 Agustus dan lomba pawai kendaraan hias pada tanggal 12 Agustus. OPD bisa mendaftar pada panitia lomba yaitu Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika. Diharapkan keterlibatan seluruh OPD dalam rangkaian kegiatan HUT RI tahun ini.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *