Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kapolres Fakfak Bacakan Amanat Presiden RI.

Berita1537 Views

HarianmerdekaPos.com Fakfak Papua Barat – Kepolisian Resor Fakfak melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2023, bertempat di Lapangan Apel Mapolres Fakfak, Kamis (1/6/2023) pukul 08.00 wit s/d selesai.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana, SE., MH., dengan Komandan Upacara Ipda Mustakim Batara, melibatkan 1 Pleton Dalmas,1 Peleton Satpolairud, 1 Pleton Satlantas,2 Pleton Staf serta melibatkan 1 Pleton gabungan Reserse dan Intelkam.

Dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Kapolres Fakfak selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo, sbb :

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,
-Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa,namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam didalam hati bangsa Indonesia.

-Para pendiri negara (the founding fathers) telah berhasil mengidentifikasi kepribadian bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila.Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilaiPancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi dimasadepan.

Saudara-saudara sebangsa dan setanahair,
Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. Ke depan, kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia; menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilaietika;
menjadi pusat pendidikan,teknologi,dan peradaban dunia; Masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi;Terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia;
menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik;
dan Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,
Dalam kesempatan ini, Saya sampaikan bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada diatas ambang batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia(WHO), yaitu 20% (Dua Puluh Persen). Untuk mengatasinya, saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting diIndonesia.
Hal ini merupakan kerjanyata pembumian Pancasila dan pengaktualisasian nilai-nilai luhur Pancasila.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air,serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke,mulai dari Miangas hingga Pulau Rote. Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan.
Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jatidirinya,PANCASILA.

Mengakhiri sambutan ini, saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Panbcasila dalam kehidupan keseharian kita.
Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja,membuat prestasi,membuat terobosan,dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang.
Semoga Allah Subhanawataala TuhanYang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua,untuk kejayaan bangsa dan negara.

Dalam kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila tersebut nampak hadir seluruh Pejabat Utama di lingkungan Polres Fakfak.(Amatus Rahakbauw).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *