Petugas Gabungan Kebut Upaya Pemulihan Kawasan Terdampak Banjir Lahar Semeru

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim | Petugas gabungan diantaranya TNI Kodim 0821, Yonif 527, Koramil Pasirian, polsek jajaran Polres Lumajang, UPT Pendidikan Kecamatan Pasirian, BPBD, perangkat Desa Kalibendo dan Bades, relawan termasuk mahasiswa UNEJ, melakukan karya bhakti membersihkan pemukiman warga terdampak banjir, Jum’at (14/7/2023).

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari hari sebelumnya, tetap fokus dalam rangka mendukung upaya percepatan pemilihan pasca terjadinya bencana.

“Ini kemarin dimulai, hari ini melanjutkan dan kami semua yang ada disini, baik dari TNI, Polri, OPD pemerintah daerah Kabupaten Lumajang dan relawan bahkan adik-adik mahasiswa, akan terus berusaha membantu meringankan beban saudara kita yang terdampak,” kata Danramil 0821/08 Pasirian Kapten Inf Anwar Suprihatin

Disisi lain, upaya percepatan juga dilakukan dengan melakukan pembuatan jembatan darurat sungai Kali Mujur akses penghubung yang menjadi jalur aktivitas masyarakat.

Anwar Suprihatin mengapresiasikan kekompakan dan semangat pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, kesiagaan penanganan bencana perlu terus dikuatkan. Edukasi mengingat kawasan terdampak merupakan kawasan yang menjadi area aliran lahar semeru perlu disampaikan, sebagai bentuk kesiapan kewaspadaan.

“Prinsipnya kami berkolaborasi dengan pemerintah, mendukung upaya dalam mengatasi korban bencana dan juga sebagai bentuk perlindungan negara pada rakyat,” imbuhnya.

Pasca kegiatan ini, diharapkan proses pengalokasian hal terpenting bagi kebutuhan masyarakat akan menuai kelancaran. (fjr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *