Peringati HUT RI Ke 78, Pemkab Mimika Gelar Mimika Aqua Culture Expo Tahun 2023

Harianmerdekapost.com.,MIMIKA – Dalam rangka sambutan HUT Republik Indonesia Ke – 78, Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, melalui Dinas Perikanan Kabupaten Mimika menggelar kegiatan Mimika Aqua Culture Expo Tahun 2023. Dengan tema “Ikan Untuk Mimika Maju”, berlangsung di Halaman Gedung Emeneme Yauware Timika beruta ini dilansir dari mimikakab.go.id , Rabu (09/08/2023)wit.

Dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Plh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Petrus Lewa Koten, SH, M.Si., didampingi Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Anton Bukaleng, S.Sos., M.Si. , serta Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Antonius Welerubun.

Dalam sambutannya Plh. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah (Setda) Mimika,menyampaikan program ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang kandungan dan manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan informasi tentang kandungan dan manfaat ikan bagi kecerdasan anak, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga berbahan baku ikan, memperkenalkan menu ragam dan masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat serta meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan lokal. Selain itu, peningkatan konsumsi ikan dapat membantu meningkatkan pemasaran produksi pembudidaya/nelayan,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara peringatan HUT RI Ke-78 dan juga sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, dimana dalam tiga tahun terakhir sangat mempengaruhi aktifitas perekonomian terutama usaha kecil dan menengah.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat lebih dikembangkan dan semoga dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Kabupaten Mimika. Dan dalam kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan bahwa pemerintah daerah senantiasa berupaya memberikan ruang publik bagi pelaku usaha dan juga mendorong seluruh masyarakat untuk mengembangkan dan memperkuat pasar lokal Mimika , agar dapat terus berkembang, dikenal luas dan tentu saja dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional,” tutup Petrus.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika sekaligus sebagai Ketua Panitia saat menyampaikan laporannya juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78.

“Tujuan kegiatan ini adalah sebagai salah satu kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ke-78 di Kabupaten Mimika, mendorong semangat dan kesadaran akan pentingnya peran sektor perikanan dalam pembangunan, menumbuhkan ekosistem usaha yang kondusif pasca Covid-19, menggali potensi dan peluang bisnis perikanan perikanan, mengkampanyekan gerakan memasyarakatkan makan ikan dan mendorong peningkatan angka konsumsi ikan per kapita keluarga melalui kreatifitas dalam mengolah menu keluarga berbahan baku ikan,” papar Antonius.

Kegiatan Mimika Aqua Culture Expo tahun 2023 dan lomba memasak berbahan dasar ikan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu dari tanggal 09 Agustus hingga 10 Agustus 2023, dengan peserta sebanyak 26 peserta, untuk Nara yakni sumber empat Juri Nasional dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Mimika.

Materi dalam kegiatan ini adalah peluang bisnis ikan hias, lomba Masak berbahan dasar ikan yang diikuti oleh ibu-ibu PKK dan Distrik, lomba ikan hias, Golden Keeping Contest, Betta Contest, Mini Koi Show, Channa Contest, Bazar Aqua Culture, Bazar Umum atau Bazar ikan konsumsi serta lomba-lomba edukatif dan promotif seperti lomba menangkap ikan bersama, keterampilan menangkap belut serta kuis.

Turut hadiri dalam kegiatan ini Forkopimda Kabupaten Mimika, seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, BUMN/BUMD, Social & Local Development (SLD) PT.Freeport Indonesia, Tim Penggerak PKK Kabupaten Mimika, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, Stakeholder Perikanan, Komunitas Ikan Hias Mimika dan Mitra Usaha.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *