Peretasan IDN: Ratusan Ribu Mahasiswa Terkendala Cairkan Bantuan KIP”

Berita, Sosial202 Views

Harianmerdekapost.com,pontianak-Kalbar – Ratusan ribu mahasiswa di seluruh Indonesia menghadapi kesulitan dalam mencairkan bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) akibat peretasan yang terjadi pada sistem IDN. Peretasan ini telah menyebabkan gangguan besar pada proses pencairan dana yang sangat dinantikan oleh para mahasiswa.

Menurut laporan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, peretasan ini terjadi pada minggu lalu dan hingga kini tim IT masih berusaha untuk mengatasi masalah tersebut. “Kami menyadari betapa pentingnya dana ini bagi para mahasiswa, terutama di masa sulit seperti sekarang,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Mahasiswa dari berbagai universitas mengeluhkan keterlambatan pencairan dana yang seharusnya sudah diterima. Banyak dari mereka yang bergantung pada bantuan KIP untuk membiayai biaya hidup dan kuliah mereka. Salah satu mahasiswa, Rizky, mengungkapkan kekecewaannya, “Saya sangat berharap bisa segera menerima dana ini. Biaya kos dan kebutuhan sehari-hari sangat tergantung pada bantuan KIP.”

 

Tim IT IDN bekerja sama dengan pihak berwenang untuk mengidentifikasi pelaku peretasan dan mengamankan sistem agar kejadian serupa tidak terulang. Mereka juga memberikan jaminan bahwa data pribadi para mahasiswa aman dan tidak disalahgunakan.

Menteri Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan memastikan proses pencairan dana KIP kembali normal secepat mungkin. “Kami meminta para mahasiswa untuk tetap tenang dan bersabar. Kami akan melakukan segala upaya untuk menyelesaikan masalah ini dengan cepat,”tambah nya.

 

Dengan peretasan ini, pemerintah diharapkan dapat meningkatkan keamanan sistem untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

Para mahasiswa berharap masalah ini segera teratasi agar mereka dapat melanjutkan pendidikan tanpa hambatan.[**kzn*]

See also  Bareskrim Polri Bongkar Sindikat TPPO Scam Pekerjaan Paruh Waktu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *