Pemkab Mimika Dapat Dukungan Dari PT. Freeport Indonesia di HUT RI Tahun Ini, Pj. Bupati : Serahkan Ke Distrik.

Harianmerdekapost.com.,MIMIKA – Peringatan Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia (RI) dirayakan dengan penuh kemeriahan di Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Berbagai lomba dan kegiatan yang melibatkan ribuan masyarakat Mimika, disambut antusias. Hal tersebut tidak lepas dari dukungan stakeholder dan mitra pemerintah.

Salah satu dukungan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dalam memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI di Kabupaten Mimika yakni dari PT. Freeport Indonesia.

Bertempat di Lobby Gedung A Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika dilansir dari mimikakab.go.id, SP 3, Distrik Kuala Kencana, pada Senin (14/08/2023), Pj. Bupati Mimika, Valentinus S. Sumito, S.IP., M.Si., didampingi Pj. Sekda Mimika, Dr. Petrus Yumte S.H., M.Si., dan Ketua Panitia Penyelenggara HUT RI di Mimika sekaligus Plh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Petrus Lewa Konten, S.H., M.Si., serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kepala distrik di lingkup Pemkab Mimika, menerima Vice President Government Relations PT. Freeport Indonesia, Jonny Lingga, bersama staf.

Pada kesempatan tersebut, Pemkab Mimika menerima secara simbolis dukungan untuk memeriahkan perayaan HUT RI di Mimika, diantaranya berupa bendera Merah Putih, umbul-umbul, snack upacara, konsumsi resepsi kenegaraan, serta bahan bantuan sosial (bansos) sebanyak 1.000 paket untuk diserahkan kepada yang berhak menerima melalui panitia HUT RI. Bantuan juga diberikan kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Mimika mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan. Ia menjelaskan, pimpinan OPD dan kepala distrik dihadirkan pada acara serah terima ini agar seluruh dukungan yang diberikan, dapat langsung diserahkan kepada masing-masing distrik.

“Silahkan bendera, umbul-umbul dan bantuan sosial dibagi ke masing-masing distrik. Diingatkan kepada seluruh kepala distrik, tolong cek kembali siapa yang berhak mendapatkan paket bantuan sosial tersebut,” pesannya.

Dengan adanya bendera dan umbul-umbul, diharapkan dapat memeriahkan perayaan HUT RI di masing-masing distrik.

Pj. Bupati Mimika menekankan pula kepada pimpinan OPD untuk mengubah pola kerja.

“Dalam waktu dekat diharapkan para kepala OPD bisa berkunjung ke masing-masing distrik, sesuai dengan apa yang menjadi fokus OPD. Sebab ada beberapa OPD yang belum pernah menginjakkan kakinya di distrik,” tukas Pj. Bupati

Ia pun mengingatkan agar perjalanan dinas bisa lebih diarahkan ke distrik. Ada 18 distrik di Kabupaten Mimika yang membutuhkan sentuhan dan arahan OPD.

Pj.Bupati menyatakan, “Kita sudah memberikan kebijakan untuk kepala distrik. Rencananya akan ada anggaran kurang lebih 2 miliar bagi masing-masing distrik untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Diharapkan para kepala distrik bisa merangkul seluruh kepala kampung yang ada di distriknya masing-masing untuk melakukan kegiatan yang bisa memberikan perubahan.”

Pj. Bupati Mimika meminta lintas OPD bisa melaksanakan kegiatan di distrik, seperti kegiatan lomba desa tahunan. Pj. Bupati mengaku tidak mengetahui mengapa Kabupaten Mimika tidak mengikuti lomba tersebut.

“Padahal itu sebenarnya bisa menjadi tolak ukur bagi kita di Mimika terkait dengan pemberdayaan kampung secara keseluruhan, sampai dimana pembinaan terhadap kampung dan sampai dimana pemerintah membangun masyarakat, yang bisa dilihat dari peningkatan pembangunan di kampung,” jelasnya.

Pj.Bupati mengharapkan masing-masing OPD memberikan output dan outcome bagi kemajuan pembangunan Mimika.

“Mari rapatkan barisan bila ingin mendapatkan hal baik tentang Kabupaten Mimika. Kerjasama yang baik dari pemerintah maupun semua mitra yang ada, yang selalu mendukung, sangat diperlukan untuk membangun Mimika yang lebih baik,” pungkasnya mengakhiri sambutan. (Amatus Rahakbauw/Kelanit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *