Pemkab Mimika Adakan Ibadah Oikumene

Harianmerdekapost.com.,MIMIKA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekretariat Daerah (Setda) Mimika menyelenggarakan Ibadah Oikumene rutin berita ini dilansir dari mimikakab.go.id, Jumat (7/7/2023), di Kapela St. Benediktus, Kompleks Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, SP 3.

Ibadah dipimpin oleh Pastor Petrus Suharjono, SCJ, dari Paroki St. Petrus, Karang Senang, SP 3. Sementara, Firman Tuhan diambil dari Injil Matius 9 : 9 – 13, dengan judul perikop Matius pemungut rokok mengikut Yesus.

Pada homili atau khotbah, Pastor menyampaikan, sesuai ayat Firman Tuhan, Yesus datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa.

“Sebagai manusia pasti pernah bersalah atau berdosa, dengan pikiran, perkataan, perbuatan dan kesalahan, seperti kesal kepada orang lain, mengingini sesuatu atau orang lain di dalam hati, itu sudah dosa,” jelas Pendeta Jono.

Untuk itu, Pastor mengingatkan agar bukan saja kita perlu menjaga kata-kata dan perbuatan, tapi juga menjaga hati dan pikiran, agar tidak membawa ke dalam dosa atau penyakit rohani.

“Kadang kita kesal atau tidak suka pada orang yang bersalah atau berdosa, yang sudah diingatkan tapi masih melakukan. Itu disebabkan oleh kesombongan rohani, karena merasa saya dalam posisi yang benar atau paling benar, sehingga berhak mengucilkan dia yang bersalah,” ujar Pastor.

Seperti halnya orang-orang Farisi yang merasa dirinya paling suci dan benar, dalam bacaan Injil disebutkan orang-orang Farisi menegur murid-murid Yesus agar Yesus tidak makan bersama orang berdosa.

“Semoga hati dan pikiran kita tidak dipenuhi dengan kesombongan rohani. Meski kita juga orang berdosa, tapi mari tetap mengingatkan orang lain yang keliru, bukan dengan pikiran jahat, kebencian atau ingin kehilangan, tapi dengan kebaikan, dengan kerendahan hati dan kasih. Sebagai orang yang beriman dan percaya kepada Kristus, mari kita tetap rendah hati di hadapan Tuhan dan sesama,” pesan Pastor Jono mengakhiri homili.

Selanjutnya, berturut-turut mempersembahkan pujian dari Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Mimika, Bapak Marthen Sawi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Bagian Kesra.

Ibadah ditutup dengan doa berkat dari Pastor, serta Arahan dari Plh. Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Mimika Petrus Lewa Koten, SH, M.Si., yang menekankan pentingnya mengikuti ibadah setelah sehari-hari disibukkan dengan kegiatan duniawi.

Petrus Lewa Koten meneruskan imbauan dari Pj. Bupati Mimika yang meminta kinerja Bagian Setda harus menjadi teladan dan contoh bagi yang lain. Dan hal tersebut dapat diwujudkan dengan kerendahan hati.

Sebagai penutup arah, Plt Kepala Bagian (Kabag) Kesra, Sriyanti Ramping, S.STP., M.Si., memberikan apresiasi kepada Dinas Kominfo atas kehadiran staf terbanyak dalam ibadah Oikumene kali ini, dengan memberikan satu buah dispenser, yang diserahkan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika kepada Kepala Dinas Kominfo, Albertus Tsolme, S.Pd.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *