Pemkab Gresik Terus Kebut Pembangunan Proyek Reservoir Bunder

Harianmerdekapost.com – Gresik,Jatim – Pemerintah Kabupaten Gresik terus mengupayakan penambahan reservoir (tandon dan rumah pompa), dalam rangka memaksimalkan pelayanan air bersih di wilayah kota, Duduksampeyan dan Manyar dengan air umbulan.

“Proyek ini merupakan pusat penggerak air umbulan, maka proyek reservoir ini harus benar-benar tuntas, karena akan berkelanjutan dengan proyek-proyek APBN lainnya,” terang Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, saat melakukan monitoring di lokasi proyek reservoir di Kawasan Terminal Bunder, Kamis (31/08/2023).

Bupati Yani menyampaikan, kebutuhan akan air bersih menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Karenanya, dirinya berharap agar proyek ini bisa tuntas tepat pada waktunya.

Dengan reservoir ini selain di distribusikan ke wilayah kota, air bersih dari Umbulan dan Cerme bisa di distribusikan ke Manyar melalui jaringan perpipaan dengan APBN. Untuk ke wilayah Duduksampeyan, akan melalui jalur utama yang juga menggunakan dana APBN.

“Mudah-mudahan ini bisa segera terselesaikan, dan trennya menjadi positif lagi. Insha Allah kita jadwalkan bulan November tuntas. Kita upayakan terus, karena air Umbulan ini sudah ditunggu masyarakat dari kota hingga ke wilayah utara dan selatan,” pungkas Bupati Yani.

Hal serupa disampaikan Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinas CKPKP), Ida Lailatussa’diyah.

“Manajemen Proyek (MK) mencatat, terdapat deviasi sebesar 5%. Ini nanti akan kita lakukan percepatan dengan datangnya _gate valve_ yang datang hari Jumat besok, sehingga bisa naik,” terang Ida.

Untuk melakukan percepatan pengerjaan, Ida sudah memiliki beberapa strategi di antaranya mempercepat pemasangan listrik. Ini bisa dilakukan dengan catatan, semua peralatan sudah masuk terlebih dahulu. Disampping itu, pemasangan dan penggalian juga akan dipercepat.

“Kita terus lakukan yang terbaik, sesuai dengan program Nawa Karsa Bupati yakni Gresik Mapan. Dengan begitu, di 2024 nanti masyarakat bisa menikmati air bersih dengan mudah, dan gratis pemasangannya,” tutupnya. (nnd/wwn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *