Pelatihan Jurnalistik Hulu Migas Wilayah Papua dan Maluku 2023.

Berita, Daerah, Hukum377 Views

Harianmerdekapost.com.,Fakfak Papua Barat – Sebanyak 30 Wartawan Fakfak  mengikuti Pelatihan Jurnalistik Hulu Migas yang diadakan oleh SKK Migas & Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) wilayah Papua dan Maluku (Pamalu) bersama Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) di Hotel Grand Papua Fakfak ruang Arguni lantai 2, Selasa pagi  (7/11).

Satuan Kerja  Khusus (SKK) Pelaksana  Kegiatan Usaha Hulu Minyak Dan Gas Bumi Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKS) wilayah.

Papua Maluku berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas Jurnalis diwilayah pendidikan atau pelatihan menulis bagi wartawan sangat diperlukan,sehingga karya jurnalistik disajikan berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan kepada publik.

Setelah workshop yang digelar secara virtual pada Selasa pagi (7/11/2023)wit puluhan jurnalis di Papua dan Maluku,kembali diberi penulisan feature selama 1 hari.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Pamalu,Galih W. Agusetiawan,mengatakan pelatihan penulisan feature bagi puluhan jurnalis dari berbagai media cetak,online,dan elektronik di Papua dan Maluku menghadirkan 3 pemateri dari lembaga Pers Dr.Soetomo (LPDS).

“Para jurnalis yang telah mengisi formulir kegiatan Pelatihan Jurnalistik Hulu Migas Wilayah Papua Barat Dan Maluku 2023 berhak mengikuti kegiatan ini,”.

Ia melanjutkan,pelatihan dibagi menjadi dua sesi dengan sejumlah materi seperti teknik mencari bahan features,teknik menulis features,mengenal jenis-jenis features,dan strategis menghindari kriminalisasi pers.

Sebelum para jurnalis masuk pada materi teknis,Kepala Perwakilan SKK Migas Pamalu,Kristanto Hartadi.terlebih dahulu akan membawakan materi pencapaian hulu migas semester 2 tahun 2023.

Setelah itu,para jurnalis akan lanjut mengikuti pelatihan teknis soal penulisan features,”terang dia.

Selain materi soal features,puluhan jurnalis juga diberikan materi terkait kode etik jurnalistik dan cara menulis laporan investigasi diera media saiber.Nantinya disesi terakhir yang di bawahkan oleh Lestanyta R.Baskoro, selaku Pengajar LPDS puluhan jurnalis diberikan kesempatan untuk melakukan simulasi penulisan features dari kegiatan tersebut.

Diakhir kegiatan ke 30 peserta Pelatihan Jurnalistik Hulu Migas Wilayah Papua Barat Dan Maluku 2023 mendapat sertifikat Pelatihan tersebut.

(Amatus Rahakbauw/Kelanit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *