Peduli Lingkungan, Babinsa Barat Bersama Warga Melaksanakan Pembersihan Selokan

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Babinsa Barat Koramil 0821/20 Padang Sertu Suwardi, bersama masyarakat bergotong royong membersihkan selokan di jalan kiri jalan Dusun Darungan RT 025 RW 010 Desa Barat Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (15/1/2024).

Kegiatan tersebut, bersama masyarakat binaannya bergotong-royong melakukan pembersihan selokan lingkungan bertujuan untuk memperlancar aliran air agar tidak terjadi banjir pada saat hujan tiba.

Dalam kesempatan itu, Sertu Suwardi mengatakan, bahwa Tujuan dari kegiatan tersebut, untuk mencegah terjadinya banjir yang diakibatkan sampah yang tersumbat, dan tidak menimbulkan bibit penyakit, seperti penyakit DBD. Selain itu, kerja bakti membersihkan selokan tersebut dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari sampah, dan bau yang tidak sedap.

“Pembersihan parit ini adalah satu upaya untuk mengantisipasi meluapnya air pada saat hujan, dengan melakukan pengerukan sampah di selokan serta gorong-gorong yang menghambat aliran air, disamping itu juga untuk menghindari bau yang tidak sedap, dan tempat bersarangnya bibit penyakit,” kata dia.

Suwardi menambahkan, bahwa pihaknya bersama warga dalam pembersihan jalan dan selokan tersebut akan dilaksanakan secara rutin, guna mencegah terjadinya banjir, banyaknya sampah dan lumpur yang menumpuk di selokan.

“Kami juga mengimbau kepada warga Dusun Darungan untuk melaksanakan pembersihan selokan ini untuk dilakukan secara rutin, sehingga saluran selokan tersebut dapat berfungsi berfungsi dengan baik,” pungkasnya. (fjr )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *