Peduli Kehatan Warga, Babinsa Tekung Giatkan Pendampingan, Monitoring Posyandu di Wilayah Binaan

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Dalam rangka monitoring tumbuh kembang kesehatan Balita, Babinsa Tekung Koramil 0821/15 Tekung Serka Hariyanto melaksanakan kegiatan pendampingan di Posyandu di Dusun Krajan RT 015 RW 005 Desa Tekung Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (13/2/2024).

Kegiatan pendampingan tersebut sebagai upaya mengetahui data kasus stunting, dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan memantau perkembangan kesehatan Balita, ibu hamil di wilayah binaan.

Dalam kesempatan itu, Serka Hariyanto mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sebagai wujud sinergisitas bersama bidan desa dengan kader kader PKK desa dalam rangka monitoring pelaksanaan Posyandu di lingkungan.

“Kami selaku Babinsa, dalam kegiatan ini kami melaksanakan pendampingan bersama bidan desa, dalam rangka monitoring secara langsung ke Posyandu dilingkungan sebagi tujuan untuk mengetahui tumbuh kembang kesehatan Balita dan ibu hamil serta langkah dalam pemantauan secara rutin ke Posyandu yang di wilayah,” kata dia.

Adapun dalam kegiatan Posyandu tersebut sebanyak 3 orang ibu hamil dan 19 anak Balita, yang mendapatkan Vitamin A dan makanan tambahan secara gratis.

Sementara itu, Bidan Desa Tekung Ike Ayu, Amd.Keb. mngatakan, bahwa dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga ikut memberikan penyuluhan dan konsultasi kepada warga yang memiliki Balita dan ibu hamil, serta melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Kami akan terus mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang mempunyai Balita, ibu hamil maupun menyusui, untuk dapat memanfaatkan Posyandu yang ada, untuk secara rutin datang ke Posyandu di lingkungan. sehingga mengetahui perkembangan kesehatan warga, terhadap kasus stunting di wilayah binaan dapat diminimalisir,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *