Normalisasi, Babinsa Sumbersari Bersama Hippa Kerja Bakti Pembersihan Dam Glinding

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim –  Babinsa Sumbersari Koramil 0821/16 Rowokangkung Sertu Maer Iswanto bergotong-royong bersama warga Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa) melaksanakan kerja bakti pembersihan aliran Dam Glinding Desa Sumbersari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (16/3/2024).

Kegiatan pembersihan saluran irigasi tersebut, dilaksanakan bersama Gabungan Hippa Desa Sumbersari dan Desa Sumberanyar melakukan normalisasi pengerukan material lumpur dan sampah yang menyumbat aliran.

Dalam kesempatan itu, Sertu Maer Iswanto mengatakan, bahwa kegiatan normalisasi tersebut, dengan mengangkat material lumpur dan sampah yang terbawa arus menghambat di saluran Dam Glinding kurang lancar.

“Kegiatan ini merupakan upaya warga Hippa, dengan bergotong-royong melakukan pembersihan sampah pasca hujan disertai angin deras kemarin, yang membawa material bambu, yang mengakibatkan penyumbatan di Dam Glinding menjadi terganggu. Oleh karena itu kegiatan ini dilakukan agar aliran irigasi tersebut nantinya bisa menjadi lancar,” kata dia.

Disamping itu, kegiatan tersebut merupakan upaya mengantisipasi dampak banjir yang menggenangi area pertanian dan pemukiman penduduk di Dusun Sumbersari dan Dusun Sumberanyar.

“Dengan kegiatan ini, sebagai upaya bersama, untuk tanggap langsung terhadap kondisi Dam Glinding, dalam memberikan edukasi kepada warga petani di wilayah, guna mendukung program ketahanan pangan nasional, dengan pengairan yang lancar,” pungkasnya. (fjr).

See also  Kolaborasi TNI dan Warga Pasirian Bersihkan Gladak Kali Putih Pasca Terdampak Bencana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *