Monitoring Kesehatan Warga, Babinsa Pagowan Pendampingan Posbindu di Wilayah

Berita, Sosial, TNI/Polri133 Dilihat

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Monitoring kesehatan warga, Babinsa Pagowan Koramil 0821/17 Pasrujambe Serda Khamim Tohari, bersama petugas kesehatan UPTD Puskemas Pasrujamber melaksanakan kegiatan pendampingan Pos Binaan Terpadu kepada warga Lansia di Dusun Pakurejo RT 002 RW 004 Desa Pagowan Kecamatan Pasrujamber Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (30/9/2023).

Posbindu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi, Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker. serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Dalam kesempatan itu, Khamim Tohari mengatakan, bahwa manfaat dari Posbindu adalah pengetahuan lansia menjadi meningkat, yang menjadi dasar pembentukan sikap dan dapat mendorong minat atau motivasi mereka untuk selalu mengukuti pelayanan kesehatan dilingkungan.

“Posbindu ini merupakan bentuk pendekatan proaktif untuk mendukung
peningkatan kualitas hidup dan kemandirian usia lanjut yang mengutamakan
aspek proakyif dan preventif, disamping aspek kuratif dan rehabilitatif, yang mempunyai manfaat yakni, semangat hidup di usia lanjut, meningkatkan kesehatan secara mandiri,” kata dia.

Dirinya juga mengatakan, bahwa tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Melalui Posbindu PTM, dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan.

“Dengan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik, yang nantinya kesehatan masyarakat di wilayah dapat terpantau,” pungkasnya. (fjr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *