Minimalisir Sarang Nyamuk, Babinsa Ledoktempuro Pendampingan Giat PSN

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Babinsa Ledoktempuro Koramil 0821/07 Randuagung Pelda Hariyadi melaksanakan Giat pendampingan pemantauan jentik bersama Bidan desa dan Kader PKK Desa, di Dusun Curah Tekor Desa Ledoktempuro Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (1/3/2024).

Kegiatan tersebut, merupakan langkah antisipasi terhadap berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), dengan melakukan pengecekkan di rumah warga dan tempat penampungan air lingkungan.

Kesempatan itu, Pelda Hariyadi mengatakan, bahwasanya pihaknya selain melakukan pendampingan pengecekan di rumah warga, disamping itu dirinya menghimbau agar warga peduli lingkungan. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Langkah pencegahan lain yang bisa dilakukan diantaranya, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, menghindari kebiasaan menggantung pakaian dan menaburkan bubuk Larvasida dan Abate pada penampungan air secara rutin,” kata dia.

Sementara itu, Bidan Desa Ledoktempuro selaku Tim dari Puskesmas Retno, Amd. Keb., mengatakan, bahwa kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara rutin dan berkala di wilayah dengan melibatkan elemen masyarakat.

“Dalam hal ini, masyarakat juga dapat melakukan langkah pencegahan DBD adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M yaitu menguras tempat-tempat penampungan air, menutup rapat semua tempat penampungan air secara rutin,” pungkasnya. (fjr)

See also  Babinsa Kaliboto Lor Dampingi Petugas Salurkan Vaksin Kepada Ternak Warga 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *