Metode pengobatan Nabi Muhammad SAW

Arikel, Kesehatan571 Views

Harianmerdekapost.com,Sanggau-Kalbar.Metode pengobatan Nabi Muhammad SAW, yang dikenal sebagai “Tibb Nabawi” atau pengobatan nabi, meliputi berbagai praktik dan anjuran yang didasarkan pada ajaran dan tindakan beliau. Berikut beberapa metode dan prinsip pengobatan yang dianjurkan dalam Tibb Nabawi:

1. .(Bekam (Hijamah).

Bekam adalah praktik mengeluarkan darah dari tubuh untuk menghilangkan racun dan memperbaiki sirkulasi darah. Nabi Muhammad SAW menganjurkan bekam sebagai salah satu metode pengobatan efektif.

2. .(Madu).

Madu disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai obat yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Nabi SAW sering menggunakan dan menganjurkan madu sebagai obat untuk berbagai penyakit.

3. .(Habbatus Sauda’ (Nigella Sativa).

Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa Habbatus Sauda’ atau jintan hitam adalah obat untuk segala penyakit kecuali kematian. Habbatus Sauda’ diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. (Zamzam)

Air Zamzam adalah air suci yang memiliki nilai spiritual dan dianggap memiliki banyak manfaat kesehatan. Nabi Muhammad SAW menganjurkan minum air Zamzam untuk pengobatan dan penyembuhan.

5. (Kurma)

Kurma, terutama kurma Ajwa, disebutkan dalam hadis sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk melindungi dari racun dan sihir.

6. (Minyak Zaitun)

Minyak zaitun disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadis sebagai makanan yang diberkati dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Nabi SAW menganjurkan mengonsumsi dan menggunakan minyak zaitun untuk keperluan kesehatan.

7. (Doa dan Ruqyah)

Pengobatan spiritual juga merupakan bagian penting dari Tibb Nabawi. Membaca doa dan ruqyah (bacaan Al-Qur’an tertentu) untuk meminta perlindungan dan kesembuhan dari Allah adalah praktik yang dianjurkan oleh Nabi SAW.

8. (Polarisasi Pola Makan Sehat)

Nabi SAW menekankan pentingnya menjaga pola makan yang seimbang dan sehat, serta menganjurkan untuk tidak makan berlebihan. Beliau juga menganjurkan untuk berpuasa secara rutin, yang diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan.

See also  Posyandu Harus Jadi Promotor Kesehatan Masyarakat

9. (Tidur yang Cukup dan Teratur)

Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk tidur yang cukup dan teratur, serta menyarankan untuk tidur siang (qailulah) untuk menjaga kesehatan tubuh.

Metode pengobatan ini bukan hanya didasarkan pada aspek medis, tetapi juga mencakup dimensi spiritual dan holistik yang memperhatikan kesejahteraan fisik dan mental. Banyak dari anjuran-anjuran ini telah terbukti memiliki manfaat kesehatan berdasarkan penelitian ilmiah modern.(Muchlisin,Andi azwar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *