Jusuf Rizal : Kembalikan Kehormatan Jurnalistik Sebagai Pilar Keempat Demokrasi

Berita, Info213 Views

Harianmerdekapost.com, Banyuwangi, Jatim – Dunia media yang terkolerasi dengan jurnalistik seperti yang diketahui adalah bagian dari pilar demokrasi yang ada di Indonesia yang memiliki peranan penting dalam membentuk citra suatu bangsa. Pada perkembangan nya dunia media selalu mengikuti perkembangan jaman yang dialami oleh suatu bangsa. Pada era orde lama, dunia media juga berfungsi sebagai pemersatu bangsa melalui pemberitaan yang menekankan sisi nasionalisme dan informasinya.

Pada era orde baru yang telah berubah pada era pembangunan dunia media memiliki peranan yang vital dengan pemberitaan yang inovatif. Ketika pada era moderenisasi dan digitalisasi dunia media menjadi banyak versi karena di dukung oleh teknologi. Sampai muncul anekdot no viral no justice, dan hal itu sama sekali tidak salah hanya kurang tepat sedikit jika mengikuti dan menggunakan kode etik yang dipegang teguh oleh media melalui para jurnalis yang kompeten.

Sadar akan betapa pentingnya norma jurnalistik yang tersimpan pada kode etik, pengurus DPD PWMOI Banyuwangi berkesempatan untuk bertatap muka secara langsung dengan Ketua Umum DPP PWMOI H. M. Jusuf Rizal di Sidoarjo Jawa Timur di Sun Hotel Sidoarjo Jawa Timur senin 24/06/2024.

Sekretaris DPD PWMOI Banyuwangi Moch Supriyanto dan Tjandra Budi Harjo Ketua Divisi Antar Lembaga Dan Luar Negeri untuk sharing langsung guna mengembalikan marwah media melalui karya dan informasi yang tepat untuk menjadi kontrol sosial,” Dunia jurnalistik yang terafiliasi dengan ragam media dalam penyampaian nya pada masyarakat yang di dukung oleh teknologi semestinya itu menjadi arahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Karena dampak negatif nya jika masyarakat tidak mendapatkan informasi yang tepat dan akurat, tentu hal ini bisa menciptakan persepsi yang bisa mempengaruhi paradigma berpikir sehingga berpengaruh terhadap perilaku,” jelas Sekretaris DPD PWMOI Banyuwangi.

See also  Polres Fakfak Menggelar kegiatan Bertajuk Bakti Sosial Gelar 90.

“Sebagai pilar demokrasi yang ke empat peranan media melalui karya jurnalisnya diharapkan menjadi pelita masyarakat untuk mendapatkan informasi. Apalagi pada era sekarang dimana banyak platform media sosial yang digunakan oleh masyarakat, peranan media dengan karya jurnalis nya diharapkan mampu mengedukasi masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial, hal ini bukan hal mudah karena dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk bisa tercapai kehidupan yang harmonis di lingkungan sosial masyarakat, sudah banyak kejadian maupun kasus yang disebabkan salah dalam menggunakan media sosial,” sambungnya.

” Semestinya jika mengacu pada undang undang yang berlaku, informasi yang diberikan oleh insan media melalui karya nya diharapkan bisa jadi informasi final,” tutur H.M Yusuf Rizal saat menemui pengurus DPD PWMOI Banyuwangi.

” Saya berharap dengan adanya PWMOI di Banyuwangi mampu memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat, dan memberikan naungan bagi para wartawan untuk menjadi wartawan yang profesional sehingga berita yang dibuat adalah berita yang konstrukstif. Dengan tetap mengacu pada undang undang pers,” pungkas nya.( team )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *