Malam Penganugerahan Award INOPAMAS, inovasi Holistic ko RSUD Bangil Meraih Juara Pertama

Berita, Daerah, Info236 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, JatimBAPPELITBANGDA (Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah) kabupaten Pasuruan melakukan terobosan , dengan memperlombakan Inovasi dan Teknologi Kabupaten Pasuruan Maju penuh Maslahat (INOPAMAS) 2024. Dan malam ini malam puncak penganugerahan awarding bagi peserta terbaik.(26-06-2024).

Ada tiga kategori yang dilombakan. Yakni kategori Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, kategori Inovasi Teknologi/Non Teknologi serta kategori Inovasi di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Dari tiga kategori diikuti 109 peserta dan diambil hanya 6 peserta terbaik dari tiap katagori.

Katagori Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Inovasi Holistic RSUD Bangil meraih predikat pertama, Inovasi TRANSJIMAT yang merupakan singkatan dari transporter cepat jiwa selamat.RSUD Bangil meraih predikat kedua dan disusul inovasi Sister Peri Si Plus RSUD Grati meraih peringkat ke tiga. Juara terfavorit adalah puskesmas nguling.

Inovasi layanan HOLISTIC kepanjangan dari Hospital Stroke Center Integrated & Comprehensive.
Setiap pasien yang mengalami serangan stroke agar tidak dibiarkan terlalu lama di rumah. Melainkan harus cepat-cepat dilarikan ke rumah sakit maksimal 3 jam setelah serangan. Begitu sampai di IGD (instalasi gawat darurat), petugas akan langsung bertindak sesuai SOP (standart operasional prosedur).

Termasuk memberikan alteplase, semacam kandungan yang ada dalam obat dan menurut medis terbukti dapat membuka pembuluh darah yang tersumbat. Sehingga fungsi organ kaki atau tangan atau gangguan bicara bisa pulih 100 persen.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Andriyanto sangat mengapresiasi Bappelitbangda yang telah menyelenggarakan INOPAMAS. Dan untuk yang bisa tampil membanggakan dengan masing-masing inovasinya. Jangan sampai kalau saat ini bisa meraih juara 1 tahun depan bisa dipertahankan juga sebaliknya jangan sampai kalau sekarang bisa juara dua , tahun depan berharap juara tiga. Jaga semangat dan motivasi agar senantiasa bereksplorasi menciptakan gagasan-gagasan inovatifnya. Sehingga mampu menjadi agen perubahan di masyarakat.

See also  Tanamkan Disiplin, Personel TNI Jatiroto Latih PBB Siswa SMP Negeri 1 Jatiroto

Ada 4 prinsip inovasi. Pertama harus berbasis riset, kedua ada unsur kebaharuan/ novelty. Yang ketiga harus berdampak atau bermanfaat luas terhadap masyarakat dan unsur keempat adalah, harus berkelanjutan. Karena itu, diantara cara mendorongnya adalah dengan dilombakan atau dikompetisikan lewat INOPAMAS,” tuturnya…izz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *