Maknai Sejarah Perjuangan Bangsa, Dandim 0821 Lumajang Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang, mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Alun-alun Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Senin (2/10/2023).

Dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”, pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut di pimpin langsung oleh Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni, S.H., M.Si.

Selain dihadiri sejumlah pejabat daerah Kabupaten Lumajang, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, juga melibatkan personil gabungan diantaranya TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, ASN, Banser, mahasiswa dan para pelajar.

Usai pelaksanaan upacara, Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra menuturkan, bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum penting yang akan selalu mengingatkan kita tentang besarnya tekad dan pengorbanan para pahlawan bangsa, yang rela berkorban jiwa dan raga demi tegaknya ideologi dasar negara yakni Pancasila satu satunya landasan bangsa Indonesia.

“Kita sebagai warga negara, memiliki tanggung jawab besar untuk terus melestarikan, mempertahankan, dan mempromosikan nilai-nilai yang terkandung Pancasila, dalam menjalankan setiap tindakan dan sikap kita sehari-hari, agar falsafah bangsa tetap berdiri kokoh menjadi fundamental bangsa Indonesia”, ujarnya.

Dalam momentum tersebut, ia juga mengajak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertaruhkan jiwa dan raga demi tegaknya Pancasila.

“Salah satu keteladan mereka harus senantiasa kita contoh dan kita ikuti, agar keanekaragaman bangsa Indonesia tetap terjaga dengan baik di tengah gempuran arus globalisasi, ataupun kemajuan teknologi seperti yang kita ketahui saat ini,” jelasnya.

Lanjutnya, melalui berbagai dinamika dan perubahan dalam sejarah, Pancasila juga telah berhasil mengikat berbagai macam keanekaragaman suku, agama, ras, dan golongan yang ada di Indonesia demi mewujudkan tujuan Nasional.

“Mari kita maknai peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan semangat yang penuh kebanggaan dan tekad yang kuat untuk selalu menjaga serta mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila demi tercapainya cita-cita bangsa, yaitu terus melaju menuju Indonesia maju”, pungkasnya. (fjr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *