Kondisi Darurat Sampah di Terminal Purabaya: 50 Truk Siaga untuk Evakuasi

Harianmerdekapost.com, Sidoarjo, Jatim – Tumpukan sampah yang menggunung di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Sidoarjo, akhirnya mendapat perhatian serius. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) setempat segera mengambil tindakan dengan mengerahkan 50 unit truk untuk membersihkan sampah tersebut.

Kalimat langsung dari berita: “Untuk membersihkan gunungan sampah di belakang terminal Purabaya, kami kerahkan 50 unit truk pengangkut sampah dan satu alat berat untuk mempercepat proses memindah sampah ke atas truk,” kata Hajid di lokasi.

Kepala UPTD TPA Griyo Mulyo Jabon Sidoarjo, Hajid Arif Hidayat, menyatakan bahwa pembersihan gunungan sampah di belakang Terminal Purabaya dilakukan secara maksimal mulai hari ini, Sabtu (24/2). Gunungan sampah ini telah menyebabkan kondisi yang sulit, memakan badan jalan sepanjang 180 meter dan lebar 30 meter, mengganggu perlintasan bus.

Hajid menargetkan pengangkutan sampah selesai pada hari yang sama, namun jika tidak tuntas, akan dilanjutkan pada Minggu (25/2). “Tapi kami optimistis hari ini proses pembersihan sampah tuntas, estimasi pukul 17.00 WIB lokasi yang dijadikan pembuangan sampah ini sudah bersih,” ujar Hajid.

Dia juga menjelaskan bahwa penanganan gunungan sampah di Terminal Purabaya sudah berlangsung lama, dan sampah tersebut berasal dari terminal itu sendiri dan warga Desa Bungurasih, dengan jumlah sekitar 25 gerobak setiap hari.

Sementara itu, Ahmad Badik dari Korsattel UPT Terminal Purabaya mengapresiasi upaya DLHK Kabupaten Sidoarjo. “Sebenarnya pembersihan gunungan sampah di belakang Terminal Purabaya ini akan dilakukan hari Rabu (28/2). Tapi tiba-tiba hari ini langsung dikerjakan, upaya inilah kami sangat mengapresiasi Dinas DLHK Sidoarjo,” tandas Badik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *