Komitmen Babinsa Jatiroto, Dalam Pendampingan Pelayanan Posyandu

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Komitmen TNI Koramil Jatiroto Kodim 0821 Lumajang, sebagai bagian pembina desa pihaknya selalu aktif untuk mendampingi dan berkolaborasi dengan kader posyandu dan tim kesehatan puskesmas setempat dalam kegiatan posyandu di wilayah binaannya.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Sukosari Koramil 0821/12 Jatiroto Serka Samsuliadi Dwi Purwanto, saat melaksanakan pendampingan pelayanan kesehatan di Posyandu Jalak di Dusun Pondok Jaya RT 002 RW 005 Desa Sukosari Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (21/12/2023)

Dalam kesempatan itu, Samsuliadi juga mengatakan, bahwa pelaksanakan Posyandu sebagai sarana pelayanan yang diperuntukkan bagi warga, pihaknya mengajak kader Posyandu diminta menjadi promotor layanan kesehatan Balita, Ibu hamil dan Ibu menyusui di lingkungan, untuk kesehatan masyarakat dapat lebih baik.

“Posyandu merupakan wadah pelayanan kesehatan khususnya bagi warga ibu-ibu yang memiliki bayi usia dibawah lima tahun. Agar, aktif mengikuti posyandu, dengan demikian resiko bisa dicegah dan manakala pertumbuhan balita maksimal, tentunya akan berdampak baik pada kesehatan dalam meminimalisir stunting di wilayah,” kata dia.

Lanjut dia, upaya tersebut dilakukan dalam rangka melindungi anak, yang notabenenya merupakan generasi penerus bangsa, dan ia juga memotivasi semua pihak, salah satunya kader posyandu di desa binaan, untuk terus aktif dan komitmen, senada menjadi promotor kesehatan.

Di kesempatan itu juga Bidang Desa Sukosari Tri Lestari, Amd.Keb., mengatakan, bahwa dirinya merasa terbantu oleh Babinsa, untuk turut mendorong warga untuk memanfaatkan fasilitas Posyandu di lingkungan, sebagai sarana untuk memantau tumbuh kembang kesehatan warga.

“Adanya peran semua pihak disini diperlukan. Kami mencoba terus berkoordinasi demi peningkatan pelayanan Posyandu berjalan maksimal. sehingga apa yang menjadi prioritas dalam program tersebut hasilnya bisa maksimal, untuk memastikan dan mendorong suksesnya program pemerintah dalam penanganan stunting di wilayah,” pungkasnya. ( fjr )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *