Babinsa Darungan Bersama Pemdes, Giatkan Kerja Bakti Rehabilitasi Sungai Sempu  

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Manfaatkan kembali saluran irigasi, Babinsa Darungan Koramil 0821/11 Yosowilangun Sertu Yuyut Eko Wahyudi bersama Pemdes dan Warga melaksanakan kerja bakti rehabilitasi Sungai Sempu di Dusun Krajan Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (21/12/2023).

Kegiatan Kerja Bakti tersebut merupakan upaya pemerintah desa, dalam upaya bentuk perbaikan dan penyempurnaan jaringan irigasi desa, guna mengembalikan serta meningkatkan fungsi dan pelayanan irigasi seperti semula.

Dalam kesempatan itu, Yuyut mengatakan, pelaksanaan rehabilitasi sungai sempu untuk dimanfaatkan kembali sebagai saluran irigasi pertanian, juga sebagai langkah alternatif dalam mengalihkan pembuangan dari air hujan yang berlebih.

“Ketika hujan, saluran irigasi tidak dapat menampung air yang dapat menyebabkan banjir di sekitar lahan pemukiman dan pertanian. Begitu pula jika drainase kurang baik, ketinggian air genangan akan meningkat akibat tidak adanya saluran pembuangan yang mampu mengurangi genangan dengan cepat,” kata dia.

Ia juga mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk kolaborasi bersama warga binaan dengan membina kebersamaan dalam suasana guyup rukun.

Sementara itu, disampaikan Kepala Desa Eko Nurhadi, bahwasanya kegiatan kerja bakti tersebut sebagai pembendung utama saat musim hujan, dengan melakukan perawatan untuk memaksimalkan konservasi alam agar tidak rusak.

“Dari kegiatan rehabilitasi sungai sempu ini, kami bersama Babinsa dan warga, sebagai langkah melakukan antisipasi banjir di musim hujan. Bila saluran irigasi dalam keadaan baik, meski air berlebih dengan sendirinya aliran air akan lancar,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *