Kolaborasi BPBD Kabupaten Pasuruan Dan BBWS OP2 Brantas Dalam Program Tanggap Darurat Kekeringan

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Air bersih adalah salah satu kebutuhan dasar dan bila musim kemarau tiba ,maka biasanya banyak sungai dan sumur yang kering serta akibat yang ditimbulkan sebagian masyarakat mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih terutama untuk kebutuhan memasak,minum dan mandi.

Untuk diwilayah kabupaten Pasuruan kurang lebih ada beberapa desa di wilayah 6 kecamatan yang mengalami kekeringan dan sangat membutuhkan pasokan air bersih termasuk di wilayah kecamatan Gempol yakni di dusun Belahan Jowo desa Wonosunyo dan di dusun Jurang pelen 2 desa Bulusari.

Dalam rangka menanggulangi perihal tersebut diatas sejak hari minggu (06-08-2023) pihak BPBD kabupaten Pasuruan berkolaborasi dengan BBWS OP2 (sebelumnya OP4 ) Brantas Kementerian PUPR yang mempunyai tim reaksi cepat (TRC) hari minggu (06-08-2023) telah melakukan pengiriman bantuan air bersih yang dibutuhkan oleh warga sejumlah yang 180kk ke dusun Belahan Jowo desa Wonosunyo dan pada hari senen ( 07-08-2023) melakukan pengiriman air bersih 2 truk bermuatan 5.000 liter yang dibutuhkan oleh warga yang berjumlah 300 kk di dusun Jurang pelen 2 desa Bulusari kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan.

Dan untuk pemdes Wonosunyo minta dikirim per dua sekali dari BPBD(yang dilaksanakan PDAM ) 2 truk dan BBWS OP2 Brantas juga 2 truk tangki air yang bermuatan 5.000 liter.

Sedang untuk pemdes Bulusari meminta kepada BPBD kabupaten Pasuruan supaya setiap hari dikirim 2 truk ( yang dilaksanakan oleh PDAM). dan dari BBWS OP2 Brantas juga 2 truk tangki air .
Dalam pengiriman bantuan air bersih ke dusun Jurang pelen 2 hari senen (07-08-2023) sejak jam 08.45 wib turut hadir menyaksikan pihak BPBD kabupaten Pasuruan bapak Dimasz Kris dan Reza.

Pada saat proses pelaksanaan pemberian bantuan air bersih berlangsung,Tim media harian merdeka post menemui kepala tim reaksi cepat (TRC) BBWS OP2 Brantas Kementerian PUPR, yang akrab disapa Mas Maman Hermansyah untuk meminta komentar, menjelaskan kami selalu merespon cepat permohonan bantuan yang berkait dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat luas dan kebutuhan air bersih adalah merupakan salah satu kebutuhan dasar yang mendapat perhatian karena komitmen kami di BBWS OP2 Brantas Kementerian PUPR ini selalu berupaya untuk memberikan pelayanan optimal kepada kepentingan masyarakat. Tuturnya!!!.

Dan awak media juga menemui kepala pelaksana teknis kewilayahan dusun Jurang pelen 2 untuk meminta tanggapan tentang bantuan air bersih yang telah diberikan, menjelaskan kami selaku kawil dan atas nama warga dusun Jurang pelen 2 sangat berterima kasih sekali kepada pihak BPBD kabupaten Pasuruan dan BBWS OP2 Brantas Kementerian PUPR atas bantuan air bersih yang telah diberikan,warga kami sangat senang karena memang benar-benar membutuhkan air bersih untuk kepentingan kesehariannya. Jelasnya !!.( Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *