Kerja Sama Pemerintah Kampung Kapaurtutin Bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Fakfak Dalam Rangka Pemutahiran Data Kependudukan

Harianmerdekapost.com.,Fakfak Papua Barat – Bertempat di Balai Kampung Kapaurtutin Distrik Pariwari Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat telah dilakukan Pemutahiran Data Kependudukan kepada masyarakat di kampung kapaurtutin pada hari kamis, 06 juli 2023 dan baru dikonfirmasi Wartawan Harianmerdeka pada hari Rabu pagi (19/7)wit.dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kampung Kapaurtutin Bapak Saleh Rengen, dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan pelayanan langsung ke kampung adalah pendekatan pelayanan yang paling jitu yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Fakfak. Oleh sebab itu saya berharap agar semua masyarakat yang ada kampung kapaurtutin untuk segera datang ke Balai Kampung untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan.

Mengingat pertengahan tahun 2023 ini ada penerimaan siswa baru baik di tingkat paud, TK, SD, SMP dan juga SMA atau sederajat yang sudah barang tentu membutuhkan akta kelahiran, kartu identitas anak (KIA) dan lain sebagainya.

Saya menghimbau dan mengajak bapak, ibu, saudara, saudari yang telah selesai perekaman administrasi kependudukan di balai kampung ini kembali ke rumah mohon mengajak masyarakat yang lain datang ke balai kampung untuk dilayani oleh tim Disdukcapil Kabupaten Fakfak yang saat lagi melakukan pelayanan di balai kampung kapaurtutin, tutur Saleh Rengen.

Pada kesempatan yang sama Bapak Saleh Hindom, SKM, MPH selaku Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Fakfak juga mengajak masyarakat Kampung Kapaurtutin untuk menggunakan moment ini secara baik oleh masyarakat agar semua jenis pelayanan administrasi kependudukan dapat dimiliki baik secara pribadi maupun bersifat kelompok keluarga inti (nucleus family). Adminduk hukumnya wajid dimiliki oleh setiap orang atau setiap kepala keluarga oleh sebab itu kami pihak dinas dukcapil kabupaten fakfak akan berusaha keras untuk melakukan berbagai macam terobosan salah satunya yaitu dengan cara jebol (jemput bola) langsung mendatangi masyarakat disetiap kampung, kelurahan dan distrik guna melakukan perekaman adminduk,
hal ini sejalan dengan Visi dan Misi Fakfak Tersenyum Tahun 2021 – 2026 pada point ke 3 (tiga) yaitu Meningkatkan Kinerja Pemerintahan guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif, efesien dan akuntabel berbasis pelayanan elektronik, kata Saleh Hindom.

See also  Tergat 8 kursi, DPD PKS Siapkan Kader Potensi di Semua Dapil

Selain itu Kepala Seksi Informasi Kependudukan (SIAK) Bapak La Jana, S.T mengatakan bahwa secara teknis pelayanan adminduk hari ini mencakup beberapa beberapa jenis layanan diantaranya perekaman KTP, pembuatan kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta Kematian, perubahan data kependudukan, identitas Kependudukan Digital (IKD), Kartu Identitas Anak (KIA) dan lain sebagainya.

Kegiatan pemutahiran data kependudukan dan pencatatan sipil di kampung kapaurtutin juga dikunjungi oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Papua Barat Bapak Haji Saleh Siknun, SE. Kegiatan berlangsung sejak pukul 09. 00 s.d 14. 30 Wit.
Dari berbagai jenis layanan administrasi kependudukan hari ini dapat disimpulkan bahwa perbaikan dan pembuatan KK baru sebanyak 580 Kartu Keluarga, Perekaman KTP 230 orang, Akta Kelahiran 143 orang, Akta Kematian 3 orang dan Kartu identitas Anak (KIA) sebanyak 280 orang anak, demikian tutur ibu Umi La Amisa selaku Pengelola Sistem Informasi Kependudukan (PSIK)
(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *