Jelang Musim Penghujan, Babinsa Jenggrong Bersama Warga Kerja Bakti Normalisasi Selokan

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Babinsa Jenggrong Koramil 0821/06 Ranuyoso Koptu Suleman, bersama warga bergotong-royong melaksanakan karya bhakti Normalisasi selokan sepanjang 120 meter di sisi jalan Dusun Baka Utara RT 003 RW 001 Desa Jenggrong Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/11/2023).

Kegiatan normalisasi selokan tersebut dilaksanakan, sebagai langkah mengaktifkan kembali selokan di sepanjang jalan Dusun Baka Utara yang penuh material tanah, dengan melakukan pengerukan untuk mencegah terjadinya luapan air yang berpotensi akan menggenangi ruas jalan, pada saat musim penghujan.

Dalam kesempatan itu, Koptu Suleman mengatakan, bahwa kegiatan normalisasi tersebut, dengan melakukan pengangkatan material lumpur yang mengendap di saluran selokan, agar selokan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

“Kegiatan ini merupakan upaya bersama, dengan melibatkan warga sekitar untuk bergotong-royong sebagai tujuan selokan tersebut, nantinya dapat difungsikan kembali sebagai langkah antisipasi, dengan melakukan normalisasi selokan di sepanjang jalan ini, dalam rangka menjelang musim penghujan,” kata dia.

Disamping itu, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata tugas Binter wilayah, dalam mendukung pembangunan pemerintah desa, serta mempelopori warga binaan, untuk berpartisipasi dan peduli terhadap lingkungan.

“Dengan kegiatan ini, sebagai upaya bersama masyarakat agar selalu peduli dengan kondisi lingkungan, disamping itu kami secara langsung memberikan edukasi kepada warga dalam membangun kebersamaan, juga sebagai bagian tugas pembina desa untuk menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *