Ikut Sumbang Darah, Wakil DPRD Kabupaten Pasuruan Hadiri Donor Darah PSMTI

Berita, Daerah, Sosial378 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indone FCsia (PSMTI) Kabupaten Pasuruan menggelar donor darah di Taman Dayu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Minggu (14/1/2024).

Donor darah terasa sedikit spesial, karena dihadiri langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Andri Wahyudi. Kehadiran politisi asal PDIP ini rupanya juga ikut menyumbangkan darahnya.

Kepada awak media harian merdeka post, pria yang juga akrab disapa AW ini menuturkan dirinya rutin mendonorkan darahnya. Donor, ujarnya, bisa membuat tubuh makin segar.

“Selain untuk kepedulian, donor darah juga bisa membuat tubuh lebih segar. Karena tubuh secara otomatis memproduksi sel darah merah yang baru,” terangnya.

Andri mengaku sudah mengetahui kegiatan PSMTI sejak lama. Apalagi dalam PSMTI ada koleganya sesama pejuang bergerak dan berdampak.

“Saya mendukung gerakan PSMTI ini. Karena memang fokusnya di bidang sosial. Apalagi di PSMTI ada Pak Lukas juga,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris PSMTI Lukas Cahyabuana menjelaskan donor darah rutin dilakukan paguyubannya. Terlepas status stok darah aman atau tidak di PMI Kabupaten Pasuruan.

“Untuk saat ini saya tahunya stok darah aman. Tetapi kami tetap berkomitmen membantu PMI Kabupaten Pasuruan. Karena memang itu tujuan PSMTI hadir,” tuturnya.

Sepengamatan awak media harian merdeka post, pria yang juga Caleg DPRD Kabupaten Pasuruan dari Dapil 6 ini tampak bersemangat melayani calon pendonor. Mulai dari pendaftaran, mengatur antrian, hingga pemberian souvenir, semua ia cermati satu persatu.

“Minat saya salah satunya memang di sosial. Jadi secapek apapun saya masih sangat bersemangat. Teman-teman di perhotelan, pariwisata, dan budaya pasti tahu saya. Karena ini passion saya,” ujarnya sambil tersenyum.

Antusias Lukas ini sebanding dengan tingginya animo masyarakat ikut donor. Tak sampai 2 jam, 150 orang terpantau mendaftar. Dari jumlah tersebut, 137 dinyatakan lolos.

“13 orang ditolak karena berbagai alasan. Sudah wajar dalam donor darah ada yang ditolak. 137 kantong ini cukup bagus untuk menambah stok. Sejauh ini stok darah PMI masih aman,” pungkas Humas UDD PMI Kabupaten Pasuruan, Soni Sumarsono. (Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *