HUT Kemerdekaan RI Ke 78 Renungan Suci Di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Sampang

Harianmerdekapost.com,Sampang-Jatim,- Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), setiap tanggal 17 Agustus, pemerintah beserta masyarakat di seluruh wilayah Indonesia serentak bersuka cita merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia tepat pada 17 Agustus 1945, Hal tersebut di lakukan guna mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa maupun raganya untuk merebut kemerdekaan dari para penjajah.

Dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 78 Tahun 2023, Kabupaten Sampang, Rabu, 16/08/2023, melaksanakan Upacara Apel Kehormatan dan renungan suci yang di pimpin langsung Oleh Kapolres Sampang AKBP. Siwantoro S.I.K. MH. di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Sampang.

Turut di hadiri langsung oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dan Wakil Bupati H. Abd. Hidayat dalam acara tersebut, beserta Dandim 0828/Sampang Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto, Kajari Sampang Budi Hartono, S.H, Ketua DPRD Sampang, Fadol. Ketua PN Sampang, Ketua PA Sampang, Kepala Kantor Kemenag Sampang dan Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiyawan, beserta para jajaran Muspika dan Muspida Kab.Sampang.

Kegiatan Apel penghormatan tersebut dimulai tepat pukul 00:00 wib. Acara diawali dengan laporan dan penghormatan pasukan yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan apel kehormatan oleh Inspektur Upacara.

Kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya tersebut, bertujuan untuk mengenang jasa para Pahlawan yang rela mengorbankan Jiwa Raganya demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Saat sesi acara berlangsung seluruh lampu dipadamkan, api obor menjadi satu-satunya sumber pencahayaan sehingga menambah nuansa khidmat dan khusyuk dalam proses melaksanakan renungan suci tersebut.

Menyampaikan keterangan, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menuturkan, “Kami hadir disini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan Republik Indonesia, mari kita tanamkan jiwa nasionalisme terutama bagi generasi muda,” tuturnya.

Apel kehormatan dan renungan suci berlangsung khidmat dan diakhiri dengan pembacaan doa serta penghormatan terakhir kepada para pahlawan yang telah gugur dan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga.

( H.zinoel )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *