Hujan Warnai Upacara Penurunan Bendera di Mimika, Paskibra Tetap Semangat

Harianmerdekapost.com.,- MIMIKA – Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (RI) tahun 2023 di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, berlangsung Kamis sore berita ini dilansir dari mimikakab.go.id (17/08/2023) di lapangan upacara kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, SP3, Distrik Kuala Kencana.

Penjabat (Pj.) Bupati Mimika, Valentinus S. Sumito, S.IP., M.Si., bertindak selaku inspektur upacara. Hadir pula Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Mimika, Dr. Petrus Yumte SH, M.Si., para asisten, staf ahli, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimda, anggota DPRD Mimika dan undangan tamu.

Komandan upacara adalah AKP Sondy Eduard Otniel Tahapary, Kasat Sabhara Polres Mimika.
Sebagai Danki Paskibra yakni Ipda Dominggus Maspaitella, Kanit Pam Obvit Sat Samapta Polres Mimika.
Sedangkan pawai upacara yaitu Kompol Junan Plitomo, S.Sos., MH, Kabag Ops Polres Mimika.

Sementara, Anita Everlyn Celty Wonda bertindak sebagai pembawa bendera. Kelahiran Jayapura, 25 Oktober 2007, putri dari Perius Denilson Wonda dan Belandina Suangburaro, pelajar SMA Taruna Mimika.

Untuk penurunan bendera, ada Trialrio Iriansyah. Siswa SMAN 1 Mimika ini lahir di Timika, 12 Aguatus 2006, anak pasangan Saerozi dan Cholifah.
Didampingi Efraim Layuk, bersekolah di SMA Taruna Mimika. Lahir dari orang tua Luter Tenmi dan Seipima Layuk, pada 9 Januari 2007 di Timika.
Selain itu ada Glend Friedrick Tomatala, lahir di Kediri, 15 Februari 2008, asal sekolah SMA YPPK Tiga Raja. Nama orang tua Frihendra Tomatala dan Mariam Hermelina Wadaporu.

Langit yang mendung sedari pagi akhirnya menitikkan air hujan yang mengguyur cukup deras di seputaran lapangan upacara Kantor Pusat Pemerintahan. Namun para peserta yang terdiri dari satuan TNI, POLRI, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Basarnas, tetap berdiri tegak mengikuti upacara dengan khidmat.

See also  Partai Demokrat Target Satu Dapil Satu Kursi Dalam Gelaran Pelatihan Koordinator Saksi Se Kabupaten LumajangĀ 

Rinai hujan juga tidak mematahkan semangat para paskibra untuk menjalankan misi utama menurunkan bendera yang berkibar sedari pagi. Dengan prima, paskibra menyelesaikan menunaikan tugas paripurna dan disambut tangan meriah dari hadirin.

Apresiasi untuk paskibra yang sukses bertugas pada upacara bendera, datang dari Pj. Bupati Mimika. Ditemui usai upacara. Ia mengatakan, “Luar biasa semangat 45 yang dimiliki oleh adik-adik kita. Mudah-mudahan generasi penerus kita betul-betul mempunyai semangat baja, bukan lay karena kena hujan. Kami sangat berterima kasih mereka semua telah melaksanakan tugas dengan sangat luar biasa.”

Pj. Bupati Mimika mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya berbagai kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI di Kabupaten Mimika, dengan puncak acara yakni upacara bendera pada 17 Agustus 2023.

“Kita ucap syukur karena seluruh rangkaian hingga puncaknya, semua bisa berjalan dengan baik. Ini semua berkat kerja sama seluruh personel yang ada, baik dari ASN, maupun semua yang terlibat dalam kegiatan ini. Kami merasa banyak terima kasih karena semua bisa berjalan dengan lancar ,” ujarnya.

Pj. Bupati Mimika berharap, momentum hari kemerdekaan tahun ini menjadikan warga Mimika bisa lebih maju lagi ke depan.

“Bisa kompak, bisa selalu bersama. Dalam kondisi apapun, kita tetap satu dan melaju lebih maju ke depannya,” pesannya.

Upacara diiringi paduan suara Iyakoko Patea yang menyuguhkan lagu-lagu kebangsaan dan lagu daerah dengan aransemen dan gerak yang manis.

Selanjutnya para pejabat, Forkopimda dan undangan menuju Gedung Eme Neme Yauware di Timika, tempat pelaksanaan resepsi kenegaraan pada malam harinya.

Upacara penurunan bendera diikuti dengan antusias oleh para undangan yang hadir dan warga Mimika yang menyaksikan secara langsung melalui live streaming channel youtube Pemkab Mimika serta melalui videotron.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *