Gelar Turba dan Konsolidasi, BKMM Kabupaten Gresik Siap Tebar Manfaat Pada Masyarakat

Harianmerdekapost.com – Gresik,Jatim – Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid-Dewan Masjid Indonesia (BKMM-DMI) menggelar Turun Ke Bawah (Turba) dan konsolidasi pengurus BKMM Kecamatan Benjeng, Cerme, Duduk Sampeyan, dan Balongpanggang, Minggu (24/03/2024). Kegiatan serupa juga dilakukan dengan pengurus BKMM Kecamatan Driyorejo, Menganti, Kedamean, dan Wringinanom di hari sebelumnya.

Mengawali sambutannya, Pimpinan Daerah BKMM Kabupaten Gresik yang juga Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengajak jamaah untuk bersama-sama mendoakan saudara-saudara di Pulau Bawean yang sebelumnya dilanda bencana gempa bumi.

Berikutnya, di hadapan jamaah Bu Min menjelaskan program-program yang akan dilakukan BKMM di masa kepengurusannya. Program-program ini, tentunya menyasar kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan.

“Ada beberapa kegiatan yang akan kita lakukan dengan tujuan memberikan manfaat kepada masyarakat. Yang pertama, kita akan berikan pembelajaran mengaji bagi lansia disekitar kita. Ini karena saya lihat fenomenanya, banyak lansia yang mengajinya tidak sebagus anak-anak muda,” terang Bu Min.

Tidak berhenti disitu, Bu Min juga menginginkan adanya program BKMM yang mendukung lahirnya masjid-masjid ramah anak. Menurutnya, sangat penting adanya masjid yang ramah anak guna membiasakan anak-anak untuk pergi ke masjid.

“Dalam hal ini, BKMM akan bekerja sama dengan DMI. Kita hadirkan masjid yang ramah anak dengan tersedianya tempat kegiatan anak di dalam masjid untuk mengaji, tempat untuk anak berekspresi, serta tidak kalah penting pengurus-pengurus masjid yang paham tentang masjid ramah anak,” ujarnya.

Terakhir, BKMM berencana untuk menggandeng Dinas Sosial Kabupaten Gresik untuk memberikan bantuan makanan gratis kepada kelompok disabilitas. Program ini, diagendakan akan dimulai sekitar bulan Mei atau Juni.

“BKMM saya harap bisa menjalin kerja sama dengan semua pihak. Tidak hanya dengan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik, melainkan juga organisasi-organisasi lain di luar pemerintahan. Dengan begitu, BKMM bisa maksimal memberikan manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (nnd/wwn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *