Fastival Jaran Serek Sukses Tarik Ribuan Penonton

Berita, Daerah1801 Views

Harianmerdekapost.com- Sumenep, Madura, Jawa Timur – Festival Jaran Serek (kuda menari) yang diselanggarakan Pemerintah Kabupaten Sumenep sukses menarik antusiasme ribuan penonton.

Pantauan dilokasi, ribuan penonton berhamburan memadati seluruh ruas jalan yang menjadi rute fertival jalan serek tersebut.

Iring iringan ratusan jaran serek diiringi musik tradisional saronen dengan atraksinya menari-nari sepanjang rute berhasil menghipnotis ribuan penonton yang hadir.

Bahkan, tidak sedikit dari merika rela berdesak desakan hanya untuk mengabadikan momen tersebut.

“Kegiatan ini segaja kita laksanakan sebagai salah satu upaya membangkitkan perekonomian masyarakat yang sempat lesu akibat wabah Covid-19,” kata Bupati Achmad Fauzi di sela-sela pelepasan Festival Jaran Serek, Sabtu (27/05/2023).

Dikatakan oleh bupati, Festival jaran serek sebelumnya direncanakan akan dilepas dari Kantor KPUD Sumenep Desa Kebunagung, namun dengan pertimbangan untuk meningkatkan perekonomian PKL Bangkal, akhirnya pemerintah daerah mengubah rutenya ke Lapangan Giling Desa Pangarangan menuju Labeng mesem kraton Sumenep.

“Kami mengubah rute festival ini, tujuannya ingin mendorong ekonomi PKL di Pasar Bangkal, supaya kegiatan kalender 2023 ini memberikan dampak kepada mereka. Jadi setiap pelaksanaan kegiatan kalender itu, harus melibatkan PKL dan UKM di lokasi penyelenggaraannya,” tutur Bupati.

Bupati mengharapkan, seluruh masyarakat berpartisipasi untuk memeriahkan berbagai kegiatan kalender 2023, karena melalui kegiatannya menjadi momen sekaligus potensi yang mampu memulihkan perekonomian daerah.

“Yang jelas, kami membutuhkan dukungan masyarakat untuk bersama-sama menyamakan persepsi dan sinergi, bahwa kegiatan seperti seni budaya memiliki hubungan yang saling mendukung memulihkan ekonomi,” terangnya.

Pemerintah Kabupaten Sumenep bersama Paguyuban Jaran Serek Pandhige mengadakan Festival Jaran Serek (kuda menari), sebagai rangkaian kegiatan kalender 2023 bertajuk Masa Kejayaan Kabupaten Sumenep.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada paguyuban dan pecinta jaran serek yang telah berpartisipasi memeriahkan festival, semoga kegiatan kalender 2024 yang diadakan Pemerintah Kabupaten Sumenep bersama Komunitas semakin semarak,” pungkas Bupati Achmad Fauzi. (*/Nri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *