Dandim 0821/Lumajang Hadiri Launching Kampung Moderasi Bergama Tingkat Nasional Desa Senduro

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim | Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., menghadiri Launching Kampung Moderasi Beragama bertempat di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Desa Senduro Kecamatan Senduro, Rabu (26/7/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dihadiri oleh Bupati Lumajang H. Toriqul Haq. M.ML, Dandim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T, S.T., M.M. Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Timur Dr. Khusnul Maram M.H.I, Ketua DPRD Kab. Lumajang H. Anang Achmad Saifuddin, Kepala Kemenag Kab. Lumajang Sdr. M. Muslim, S. Ag, M.Sy., Wakapolres Lumajang, Kompol I Komang Yuwandi S, S.H., S.IK., Kasi Intel Kejaksaan Negeri Lumajang, R. Yudhi Teguh Santoso, S.H., Camat Senduro Drs. Pujianto, Danramil 0821/03 Senduro Kapten Arm Ony Aryanto, SH., Kapolsek Senduro Iptu Loni Roi Modhona S.H., Tomas, Toga dan Toda Kecamatan Senduro.

Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang menjadi satu-satunya wakil Provinsi Jawa Timur yang dilaunching Kampung Moderasi Beragama oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang Thoriqul Haq berharap moderasi beragama bukan sekedar simbol dan selogan saja, melainkan menjadi sebuah komitmen pemerintah untuk menjamin keamanan dan kerukunan seluruh umat beragama di Kabupaten Lumajang dalam menjalani kehidupan sosial.

Lebih lanjut, Dirinya bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang terus berupaya menjamin kerukunan umat beragama di wilayah

“Kami berkeinginan bahwa moderasi beragama tidak hanya menjadi sebutan dalam sambutan, kami harus hadir untuk semua. Berbagai agama di Kabupaten Lumajang harus merasa kehadiran kami pemerintah. Komitmen kami, moderasi bergama harus hadir, nampak dan dirasakan oleh semua umat beragama khususnya di Kabupaten Lumajang,” terangnya.

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur, Husnul Maram menyampaikan sudah ada 84 desa dan kelurahan yang sudah menerima Surat Keputusan menjadi Kampung Moderasi Beragama di Provinsi Jawa Timur. Dirinya pun menargetkan seluruh desa dan kelurahan di wilayan Jawa Timur menjadi Kampung Moderasi Beragama.

Lanjutnya, untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya akan bekerjasama dengan semua sektor dalam mewujudkan kampung moderasi beragama

“Untuk Jawa Timur yang sudah mendapatkan SK ada 84 desa dan yang 665 masih menyusul, target kami ini bergerak terus semua desa kami jadikan kampung moderasi beragama,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *