Dampingi Bidan Desa, Babinsa Ranulogong Monitoring Pelayanan Posyandu

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim  – Monitoring Pelayanan kesehatan warga, Babinsa Ranulogong Koramil 0821/07 Randuagung Serda Agus Suheri, melaksanakan pendampingan kegiatan Posyandu di Polindes Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (8/12/2023).

Kegiatan tersebut, merupakan bentuk pendampingan dalam mendukung program pemerintah, sebagai upaya menciptakan balita yang sehat guna mencegah dan meminimalisir terjadinya kasus stunting pada anak di wilayah binaan.

Dalam kesempatan itu, Agus Suheri mengatakan, pihaknya selalu aktif mengajak dan memberikan dorongan kepada warganya, yang mempunyai anak Balita, untuk selalu mengikuti kegiatan Posyandu yang dilaksanakan setiap bulan.

“Untuk para orang tua yang mempunyai Balita, ibu hamil untuk memanfaatkan Posyandu, sebagai sarana mendapatkan informasi tentang kesehatan, oleh karena itu, dengan kegiatan Posyandu untuk memantau tumbuh kembang Balita, dengan demikian stunting di wilayah dapat diketahui,” kata dia.

Dirinya menjelaskan, bahwa dengan kegiatan Posyandu tersebut, disamping mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis, juga ada edukasi dan penyuluhan tentang kesehatan, dari bidan desa.

Sementara itu, bidan desa Ranulogong Yanuar Rizki, A.Md. Keb., mengatakan, bahwasanya kegiatan tersebut merupakan rutinitas, dalam melakukan monitoring kesehatan warga.

“Dengan kegiatan ini, nantinya para Balita akan diberikan pengobatan, penimbangan, pemberian vitamin dan makanan tambahan, dan kami juga melakukan pendataan terkait kasus stunting, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara intensif,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *