Kerja Bakti, TNI Koramil Ranuyoso Gotong Royong Bersama Masyarakat Normalisasi Selokan 

Harianmerdekapost.com Lumajang, Pendim  – Memasuki musim penghujan, dengan melakukan antisipasi sebagai langkah pencegahan yang diakibatkan sampah maupun material lumpur yang menghambat aliran air, perlu dilakukan pembersihan agar tidak menimbulkan bibit penyakit.

Hal tersebut disampaikan Bati Bakti Koramil 0821/06 Ranuyoso Peltu Didik Budiono, saat kerja bakti bersama anggotanya dan warga melaksanakan kegiatan normalisasi selokan sepanjang 250 di depan pondok pesantren Al Fatih Dusun Bulutangkur RT 003 RW 001 Desa Ranuyoso Kecamatan Ranuyoso Kabupaten lumajang, Jawa Timur, Jumat (8/12/2023).

Kegiatan normalisasi tersebut, merupakan upaya bersama pemerintah desa, dengan melibatkan warga setempat melakukan pengerukan material tanah, sebagai bentuk antisipasi memasuki musim penghujan.

Dalam kesempatan itu, Didik Budiono mengatakan, bahwa kerja bakti normalisasi selokan di sepanjang jalan Dusun Bulutangkur, sebagai upaya untuk memperlancar aliran dan mencegah genangan air di badan jalan maupun di pemukiman warga.

“Tujuan dari kegiatan ini, sebagai langkah antisipasi, yang mana dengan melakukan normalisasi selokan disepanjang jalan ini, untuk menghindari genangan air yang menggenangi badan jalan, oleh karena itu dengan kegiatan ini, untuk memperlancar saluran air pada saat musim penghujan,” kata dia.

Pihaknya juga menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan, dengan melibatkan elemen masyarakat, sebagai salah satu wujud dalam meningkatkan sinergisitas bersama warga binaan.

“Dengan kegiatan ini, merupakan bagian dari tugas Binter kami, sebagai mitra kewilayahan, untuk hadir di tengah-tengah masyarakat menjadi pelopor kepedulian terhadap lingkungan, disamping itu dengan kegiatan ini, menjadi ajang menjalin hubungan kemanunggalan TNI-rakyat di wilayah,” pungkasnya. (fjr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *