Bina Fisik Berkala, Kodim 0821/Lumajang Gelar Samapta Periodik II TA 2023

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Dalam rangka memelihara dan membina fisik secara berkala, Personel Kodim 0821/Lumajang melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II tahun 2023 bertempat di Lapangan Pratu Natra Yonif 527/BY Rabu (10/10/2023).

Pelaksanaan Garjas yang diikuti oleh seluruh anggota TNI dan PNS Kodim 0821/Lumajang meliputi Samapta A yakni lari 12 Menit Samapta B yaitu Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run serta ketangkasan renang 50 meter.

Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., dalam arahannya mengatakan garjas periodik merupakan program rutin dari Komando Atas, tujuannya untuk mengecek dan meningkatkan kemampuan fisik para prajurit agar dapat menjalankan tugas pokoknya dengan maksimal.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kemampuan fisik serta mengukur kemampuan para personel, dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD terutama di wilayah Kodim 0821/Lumajang,” ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya juga menekankan bagi seluruh personel yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar melaksanakannya dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri.

”Laksanakan Garjas ini dengan baik, penuh semangat dan serius, namun tetap mengutamakan faktor keamanan karena yang tau akan kondisi fisik adalah anda sendiri,” pintanya.

Sementara itu, Perwira Seksi Personel Lettu Cba Sarjono menyampaikan bahwa kegiatan garjas tersebut juga sebagai bahan kelengkapan administrasi bagi prajurit yang akan melaksanakan Usul Kenaikan Pangkat (UKP) serta program lainnya.

“Tes Garjas ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD, khususnya prajurit Kodim 0821/Lumajang. Hal ini juga sangat menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan Usul Kenaikan Pangkat (UKP) maupun nanti sebagai bahan evaluasi setiap prajurit yang akan melaksanakan pendididkan alih golongan,” pungkasnya. (fjr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *