Berikan Jamdan, Dandim 0821/Lumajang Tekankan Netralitas TNI

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Upaya untuk membina, memotivasi semangat serta meningkatkan disiplin, Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y.T., S.T., M.M., berikan Jam Komandan (Jamdan) kepada seluruh prajurit yang berlangsung di Aula Makodim Jalan Alun-alun Utara Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Rabu (15/11/2023).

Jamdan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan satuan Kodim 0821/Lumajang, sebagai forum komunikasi serta bentuk kepedulian pimpinan terhadap satuan maupun anggota jajarannya, sehingga kinerja satuan dapat berjalan baik.

Diharapkan melalui Jamdan, baik pimpinan maupun anggota bisa saling berinteraksi, koreksi, evaluasi, saran dan sebagainya yang bersifat membangun, dimana di dalamnya juga terdapat penekanan dan instruksi yang perlu dilaksanakan.

Dalam arahannya, Dandim menekankan kepada seluruh anggotanya jelang pemilu 2024, agar tetap menjaga netralitas TNI, dengan tidak memihak serta memberikan dukungan kepada partai politik manapun beserta paslon yang diusung, selain itu juga tidak melibatkan diri dalam politik praktis.

“Setiap prajurit harus menjaga dirinya agar tetap netral dengan lebih bijak ketika bermedsos. Kita tidak boleh memberikan tanggapan, berkomentar serta mengupload hasil quick count sementara yang dikeluarkan lembaga survei ataupun unggahan berkaitan dengan berlangsungnya proses pemilu nantinya”, tegasnya dihadapan para anggota.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa TNI AD sebagai salah satu pilar utama pertahanan negara, memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga ketertiban, keamanan dan netralitas selama proses pemilu 2024 berlangsung.

“Netralitas merupakan prinsip utama, yang harus dipegang teguh oleh setiap prajurit. Apabila ada ditemukan Prajurit yang melakukan politik praktis dan terbukti secara hukum, maka akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di lingkungan militer,” uajranya.

Sebelum mengakhiri pengarahannya, Dandim berpesan kepada seluruh prajurit untuk membina keluarga dengan baik, jaga keharmonisan dalam rumah tangga serta hindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan.

“Hindari pelanggaran sekecil apapun, yang dapat merusak nama baik perorangan, keluarga dan satuan dengan berpedoman pada sapta marga, sumpah prajurit, dan delapan wajib TNI. Kemudian, saat ini memasuki musim penghujan jaga kesehatan,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *