Bentuk Kepedulian PT. Ben Santoso Dan Dewan Rakyat Kamal (DRK) Untuk Kesejahteraan Warga kampung Dumarah 

Berita, Daerah, Sosial142 Views

Harianmerdekapost.com, Bangkalan-Jatim,- Kemudahan dalam memenuhi Kebutuhan di berbagai aspek kehidupan masyarakat menjadi prioritas utama, yang bertujuan agar supaya kesejahteraan dan kondusifitas dari lingkungan masyarakat dapat tercapai, diantara salah satu kebutuhan yang sangat mendasar adalah pengadaan air tawar bersih untuk kelangsungan hidup masyarakat tersebut.

Sabtu, 20/01/2024, tepat pada jam 10.00 wib, warga Kampung Dumarah mengadakan giat tasyakuran dan sekaligus peresmian terkait Corporate Social Respondsibility (CSR) dari PT. Ben Santoso yang berbentuk tandon air.

Masyarakat Kampung Dumarah, Desa Banyuajuh, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, yang wilayahnya berdekatan dengan laut sulit untuk mendapat kebutuhan air tawar, oleh sebab itu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dewan Rakyat Kamal (DRK) melalui PT. Ben Santoso bekerja sama dalam bentuk pengadaan tandon air, yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat Kampung Dumarah dalam memenuhi kebutuhan air tawar bersih.

CSR adalah bentuk tanggung jawab sosial dari  Perusahaan kepada masyarakat sekitar dan masyarakat secara luas hingga pemangku kepentingan dari hasil perolehan keuntungan perusahaan, dalam pengalokasian CSR kali ini  PT. Ben Santoso menyalurkannya dalam bentuk pembuatan Tandon air dengan kapasitas tampung 10.000 L yang selanjutnya akan disalurkan ke warga kampung.

Sehingga Setelah sekian lama warga Kampung Dumarah, Kecamatan Kamal, mengkonsumsi air garam guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, sejak 3 hari yang lalu sudah bisa merasakan nikmatnya air tawar yang berasal dari sumur milik warga bernama Umi Marfuatem (91th), dialirkan melalui pipa dibuat dengan sistem tandon.

Dalam keterangannya kepada awak media, Ubertus, selaku Kepala Pengembangan Galangan PT.Ben Santoso menyampaikan,  “bersyukur bisa membantu masyarakat sekitar yang mengalami kesulitan dalam pengadaan air bersih dan tawar karena posisi kampung Dumarah ini dekat dengan pesisir.

Melanjutkan, ” dengan adanya tandon air berkapasitas 10.000 liter Yang telah menelan anggaran sebesar 100 jt tersebut, kami (PT Ben Santoso) berharap agar dalam pelaksanaan benar-benar sampai pada sasarannya, serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yaitu memasak, mencuci, dan mandi, untuk saat sudah ada sekitar 15 warga yang telah teraliri air dari sumur tersebut. ” Jelasnya.

Menambahkan,” semoga dengan terjalinnya kerjasama dan komunikasi dari berbagai pihak khususnya kepada LSM Dewan Rakyat Kamal (DRK) tetap berlanjut tidak berhenti sampai disini, tetapi semakin guyup antara perusahaan dengan DRK dan masyarakat sekitar. Tegas, Ubertus.

Di waktu yang sama, Kiemas Agus Zaini Ketua Dewan Rakyat Kamal (DRK), menyampaikan,  ” bahwasannya kami (DRK) dan warga kampung Dumarah merasa senang karena masyarakat telah dibantu dalam memenuhi kebutuhan hidup utamanya yaitu pengadaan air tawar bersih yang dirasa sangat fital.

Menambahkan, “Terima kasih kami sampaikan kepada PT Ben Santoso yang peduli dan telah aktif menyalurkan CSRnya untuk membantu masyarakat setempat yang membutuhkan,  namun sangat disayangkan karena kita ketahui bersama ada 3(tiga) perusahaan yang ada dalam satu lingkungan yang sama, yaitu PT. Ben Santoso, PT. BTS, dan PT. Gapura, namun hanya satu perusahaan saja yang peduli pada masyarakat, semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi pelecut untuk dua perusahaan tersebut agar kedepannya mau membantu warga sekitar melalui CSR nya. Tegas, Kiemas.

Salahsatu warga Dumarah Bapak Slamet mengungkapkan syukurnya dengan adanya bantuan air bersih dan tawar ini, Karena menurut slamet, sudah sejak tahun 1980 tinggal disini ( Kampung Dumarah) jika menggunakan air rasanya agak asin. Terangnya.

Acara peresmian penggunaan tandon dibuka dengan pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng, antara pihak perusahaan PT. Ben Santoso bersama dengan LSM Dewan Rakyat Kamal (DRK) dan Muspika kecamatan Kamal beserta para tokoh masyarakat kampung Dumarah, Desa Banyuajuh, Kecamatan Kamal.

(PD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *