Babinsa Tegalciut, Dampingi Tim Nakes Dalam Kegiatan PIN Polio di Wilayah Binaan  

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Upaya mendukung program kesehatan, Babinsa Tegalciut Koramil 0821/05 Klakah Koptu Ahmad Ibnu Al Arif, melaksanakan kegiatan pendampingan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) bertempat di SDN Tegalciut 02 Dusun Jawaan Desa Tegalciut Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (17/1/2024).

PIN Polio tersebut merupakan gerakan dalam penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio yang terjadi di wilayah, sebagai upaya langkah strategis, Pemerintah melalui Dinas Kesehatan yakni Puskesmas dalam rangka pencegahan dengan memberikan Imunisasi Polio tetes untuk semua anak usia 0 – 12 tahun secara gratis.

Dalam kesempatan itu, Koptu Ahmad Ibnu mengatakan, bahwa kegiatan pendampingan bersama Puskesmas Klakah, terkait mensukseskan program tersebut, selaku Babinsa, pihaknya merespon cepat dengan membantu dan mensosialisasikan PIN Polio ini ke desa binaan.

“Kegiatan pendampingan bersama Tim dari Puskesmas Klakah, pihaknya turut berperan serta dalam mendukung program pemerintah untuk upaya preventif terhadap penyakit sekaligus menciptakan kekebalan imun dalam tubuh sang anak. Sehingga, manakala nantinya ada penyakit yang menyerang maka kondisi anak sudah kebal ataupun penyakit yang dialaminya bisa lebih ringan karena telah di vaksin polio,” kata dia.

Sementara itu, diwaktu yang sama disampaikan Bidan Desa Avi savitri Amd.Keb., bahwasanya, kegiatan tersebut merupakan kepedulian pemerintah pusat, dalam program Indonesia Bebas Polio.

“Kami atas nama Puskesmas Klakah, mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Babinsa yang turut membantu mensosialisasikan kegiatan ini, serta kepada pihak sekolah yang telah memberikan sarana dan prasarana, sehingga kegiatan penyaluran imunisasi Polio dapat berjalan lancar,” pungkasnya.  (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *