Babinsa Sumberjati Bersama Kepala Desa Ajak Masyarakat Bersihkan Makam Menyambut Idulfitri

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Dalam rangka menyambut Idulfitri, dari Babinsa Sumberjati Koramil 0821/10 Tempeh Koptu Nyono Winardi, bersama Kepala Desa mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan makam.

Hal tersebut dilakukan dalam kerja bakti pembersihan makam bersama warga, di tempat pemakaman umum (TPU) RT 021 RW 004 Dusun Tegalrejo Desa Sumberjati Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (24/3/2024).

Aksi tersebut tidak hanya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, tetapi juga sebagai wujud kebersamaan dalam menjaga tradisi tahunan dalam kebersihan makam menyambut Hari Raya Idulfitri.

“Saya bersama Kepala Desa mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan makam, guna memberikan kenyamanan bagi warga peziarah,” ujar Koptu Nyono.

Dalam kegiatan tersebut, warga bergotong royong membersihkan makam-makam dari rumput liar, sampah, dan dedaunan yang menumpuk. Mereka juga melakukan pengecatan dan perbaikan pada makam yang membutuhkan perawatan ekstra.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberjati Gendut mengatakan, bahwa Aksi bersih-bersih makam tersebut mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat setempat. Mereka merasa senang bisa berkontribusi dalam merawat lingkungan sekitar, terutama dalam menyambut momen sakral seperti Idulfitri.

“Kerja bakti ini bukan hanya sekadar membersihkan makam, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar warga dan meningkatkan rasa kebersamaan dalam menjaga kebersihan lingkungan,” tambah Kepala Desa.

Semangat gotong royong dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan semakin menguatkan ikatan sosial antar warga di Dusun Tegalsari Desa Sumberjati. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *